KONSEP NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI MUSA AS DALAM ALQURAN DAN RELEVANSINYA DI INDONESIA
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses dimana nantinya tercapai kehidupan yang berguna bagi semua unsur, mulai dari diri sendiri, orang sekitar atau masyarakat umum dan hal lain yang ada disekitarnya. Jalan satu-satunya untuk menuju kehidupan yang berguna dan produktif yakni dengan pendidikan. Islam adalah agama yang ajaran-ajaran nya diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul. Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi, tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan Manusia. Sumber dari ajaran-ajaran yang mengambil berbagai aspek itu ialah Al-Quran dan Hadits. Karakter bangsa menjadi perbincangan hangat dan menjadi tema diskusi di kalangan pemerhati sosial. Masyarakat Indonesia sedang mengalami problem akhlak. Korupsi, kolusi, nepotisme telah mengakar di kalangan pejabat yang tidak pada dengan tanggung jawabnya. Kejahatan banyak terjadi di masyarakat. Remaja dan pelajar mengalami problem akhlak. Remaja dan pelajar banyak terlibat seks bebas dan narkoba. Problem karakter dan akhlak remaja terkait dengan berbagai faktor. Keluarga dan orangtua kurang memperhatikan pendidikan moral bagi anak-anaknya dan belum menjadi qudwah atau teladan bagi anak-anaknya. Orang tua minim pengetahuan dan terlalu sibuk bekerja. Lingkungan pergaulan yang terlalu bebas dan faktor lainnya berpengaruh pada kenakalan remaja tersebut. Adapun rumusan malasah dalam penulis yaitu “Bagaimana Tafsir Ayat-Ayat Yang Berkaitan Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak/Karakter Dalam Kisah Nabi Musa As Dan Firaun Dalam Alquran dan Bagaimana Relevansinya Tafsir Ayat-Ayat Yang Berkaitan Konsep Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak/Karakter Dalam Kisah Nabi Musa As Dan Firaun Dalam Alquran di Indonesia”. Adapun metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library reseach (Kajian Pustaka) dan pengumpulan datanya menggunakan “content analysis / Analsis Isi”. (content analysis) Analisis isi adalah suatu teknik untuk menganalisis sesuatu secara sistematis, objektif, dan komunikatif terhadap pesan yang nampak. Adapun hasil dari penelitian adalah: Pertama; ayat yang menjelsakan tentang pendidikan karakter dalam kisah Nabi Musa AS dengan Fir’un ada dya yakni Surat Al-Qashash Ayat 4 dan urat Al-Qashash Ayat 9. Pada ayat ini terdapat karakter kasih sayang dan karakter otoriter atau suatu tindakan yang dilakukan dengan semaunya sendiri atau sewenang-wenang tanpa ada batasan-batasan. Kedua; Karakter-karakter yang terdapat dalam kisah nabi Musa As dan Fir’un dalam Al Qur’an yakni sebagai berikut; religius, jujur, rasa ingin tahu, kerja keras, peduli sosial, bersahabat komunikatif, cinta ilmu, santun dan bertanggung jawab.
Downloads
References
al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1993). The concept of education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.
al-Qattan, Manna‟ (2000). Mabâhits fî ulûm al-Qurân. Mesir: Maktabah Wahbah.
Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
as-Sayuti, Abd ar-Rahmân ibn Abu Bakr, al-Itqân fi ulûm al-Quran. Saudi: Wizârah as-Syu`ûn alIslamiyah.
Dar at-Thaba`ah wa an-Nasyir alIslamiyah. Khan, D. Yahya. (2010). Pendidikan karakter berbasis potensi diri: Mendongkrak kualitas pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing. Koesoema A. Doni. (2010). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta:
Grasindo. Mahbubi, M. (2012). Pendidikan karakter implementasi Aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta. Ibn Katsîr, Abu al-Fidâ Ismâil. (1997). Qashas al-anbiyâ. Mesir:
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembnagan Pusat Kurikulum (2010), Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta, Balitbang Diknas.
M. Mahbubi (2012), Pendidikan Karakter Implementasi Aswaja sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta, Pustaka Ilmu Yogyakarta.
Mauluddin, Moh. (2021). Sunnatullah dalam kisah Musa dan Fir`aun. Al Furqan: Jurnal Imu al-Quran dan Tafsir, 4(1), 66-80.
Munawwir, Ahmad Warson. (1984). Kamus al-Munawwir, Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Nata, Abuddin. (2000), Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Predana Media Grouf.
Permana, Dian, and Hisam Ahyani. "Implementasi Pendidikan Islam Dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik." Jurnal tawadhu 4.1 (2020): 995-1006.
Permana, Dian, and Mahin Ainun Naim. "Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Lansia Di Nusamangir Kemranjen Banyumas." Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1.1 (2023): 20-26.
Permana, Dian, and Mr Supean Chemo. "Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Syeikh Ahmad Surkati." Jurnal Tawadhu 7.1 (2023): 75-86.
Permana, Dian, et al. "Pemikiran KH. Abdul Wahid Hasyim Tentang Pendidikan Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer." Journal of Islamic Education 1.2 (2023): 80-91.
Permana, Dian. "Pemanfaatan Tik Dalam Implementasi Kurikulum Pai Di Sekolah/Madrasah." Azhaaruna 1.1 (2021): 1-13.
Permana, Dian. "Thoughts Of Kh Badawi Hanafi On Tauhid Education In His Work" The Book Of Niat Ingsun Ngaji" And The Implementation In Students Of The Al Ihya Ulumaddin Islamic Boarding School, Cilacap." Proceeding Al Ghazali International Conference. Vol. 1. 2023.
Permana, Dian. "Tinjauan Validasi Data Di Lapangan Tentang Standar Pengabdian Pada Masyarakat: Pada Prodi Pgsd, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap." Jurnal Tawadhu 8.1 (2024): 31-40.
Ridha, M. Rasyid. (1403 H). Tafsîr al-manâr. Libanon Beirut: Dar al-Manar.
Syarbini, Amirullah. (2016). Pendidikan karakter berbasis keluarga: Sudi tentang model pendidikan karakter dalam keluarga perspektif islam. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Tim Dosen IAIN Sunan Ampel. (1996). Dasar-dasar kependidikan Islam: Suatu pengantar ilmu pendidikan Islam. Surabaya: Karya Abdiyatama.
Yunus, Mahmud. (1989). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.