PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR NUSANTARA: STUDI TEMATIK KITAB TAFSIR AL AZHAR KARYA HAMKA

  • Ahmad Mukhlasin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Pendidikan Karakter, Tafsir Nusantara, Hamka, Tafsir Al Azhar

Abstract

Pendidikan karakter dalam tafsir Nusantara, khususnya dalam Kitab Tafsir Al Azhar karya Hamka, dapat dipahami sebagai upaya untuk mengaitkan nilai-nilai agama dengan budaya dan kearifan lokal yang ada di Nusantara. Dalam tafsir ini, Hamka banyak mengangkat tema-tema yang berkaitan dengan pendidikan karakter, seperti akhlak, kejujuran, kesabaran, keikhlasan, keadilan, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter dalam tafsir Nusantara memiliki tujuan untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia, berbudi luhur, dan memiliki kepribadian yang baik. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang mengajarkan kebaikan, kesederhanaan, dan menghargai perbedaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
How to Cite
Mukhlasin, A. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR NUSANTARA: STUDI TEMATIK KITAB TAFSIR AL AZHAR KARYA HAMKA. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 11(1). Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amk/article/view/564
Section
Articles