EFEKTIVITAS PROGRAM KELAS UNGGULAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK

  • Syifaul Ummah UNUGHA
Keywords: kemampuan berbicara, kelas unggulan

Abstract

Bahasa Inggris sangat penting karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan di dunia untuk berkomunikasi. Penguasaan kemampuan berbicara bahasa Inggris di tingkat menengah pertama pun menjadi penting karena di tingkat ini bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh peserta didik. Sehingga diharapkan mereka akan mampu bersaing secara global. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang efektifitas program kelas unggulan bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara peserta didik.

Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 75. Metode pengumpulan data yaitu dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yang teridiri dari tiga tahap yaitu: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification.

Hasil dari analisis data, kemampuan berbicara peserta didik kelas unggulan mengalami kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan prestasi dalam bidang speaking seperti juara lomba pidato bahasa Inggris, juara lomba mini drama, dan juara lomba story telling. Hal ini menunjukkan bahwa program kelas unggulan bahasa Inggris efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara peserta didik MTs MINAT Kesugihan.

References

Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi, d. A. (2013). Branded School Manajemen Sekolah Unggul Berbasis Peningkatan Mutu. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Cameson, B. (2007). Opportunities in Teaching English to Speakers of Other Languages. USA: The MacGraw-Hill Companies.

Gall, M. D. (2007). Educational Research: An Introduction. New Jersey: Pearson Education.

Haryadi, & Zamzani. (2000). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hasanah, S. R. (2017). Manajemen Kelas Unggulan di Mts MINAT Kesugihan Kabupaten Cilacap. Purwokerto: IAIIN Purwokerto.

McNamara, T. (2000). Language Testing. Oxford: Oxford University Press.

Nugraha, I. S. (2017). An English Learning Teaching (ELT) Approach in The 2013 Curriculum. Journal of English and Education, 120-135.

Richard, J. a. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Rohmad, A. (2009). Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Teras.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D san Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2021-12-26
Section
Articles