EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK MINDFULNESS BERBAISS ISLAM UNTUK MENINGKTKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2022/2023
Abstract
Kesulitan siswa dalam melakukan kebiasaan yang baik banyak terjadi di lingkungan sekolah. Sehingga banyak siswa yang mengalami tingkat kedisiplinan yang rendah dalam kegiatan pendidikan di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas konseling individ teknik mindfulness berbasis islam untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis metode penelitian kuantitatif eksperimen yang pelaksanaannya di mulai dari pre test terhadap kelompok kontrol dan eksperimen, lalu pemberian treatment/perlakuan terhadap kelompok eksperimen dan terakhir pelaksanaan post test. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MA MINAT Putri kelas XII dimana sampel diambil dengan teknik sampling purpostive yang kemudian menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, lalu mendapatkan 10 sampel siswa dari hasil penyebaran angket pre test dalam kategori tingkat kedisiplinan di kategorikan rendah. Yang mana dari hasil sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ekspermen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen diberi treatment/perlakuan yaitu dengan menggunakan teknik mindfulness berbasis islam sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment/perlakuan apapun, setelah itu baru dilakukannya pengisian angket post test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemilihan kedisiplinan sebelum diberikan treatmen adalah rendah. Berdasarkan hasil perhitungan pretest posttest menunjukkan hasil yang signifikan, dimana hasil dari tabel uji analisis paired sampel statistik hasil pre test dan post test pada kelompok eksperimen bahwa hasil dari pre test 52.20 sedangkan hasil post test 102.00, dilihat dari hasil angket yang mengalami peningkatan pada tingkat kemampuan siswa dalam pemilihan kedisiplinan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas teknik mindfulness berbasis Islam untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA MINAT Kesugihan Cilacap
Downloads
References
Amiluddin (2020). Konseling Individu Membentuk Pribadi Bekarakter Siswa jurnal Bimbingan dan
Konseling Vol. 7 No. 2 Hal. 103-113.
Vonny Syafira dkk. (2018). Efektivitas Pelatihan Mindfulness Untuk Menurunkan Ego Depletion pada
Mahasiswa journal of professional psychology volume 4, No. 1, 2018: 1-12
Danu Mukti dan Supra Wimbarti. (2020). Pengaruh Pelatihan Meditasi Mindfulness Terhadap Atensi
Selektif pada Siswa SMP journal of professional psychology volume 6, no. 1, 2020: 30-46
Agustin Arianti, Kireida Kusnadi S. (2019). Pendekatan Mindfulness Untuk Meningkatkan Control
Diri Anak Berhadapan Hukum jurnal psikologi: media ilmiah Vol. 17 No. 2 Hal. 40-47.
Yusainy Cleoputri, dkk. (2018). Mindfulness Sebagai Strategi Regulasi Emosi jurnal psikology Vol.17
No.2 Hal.174-178.
Fourianalistyawati E. (2017). Kesejahteraan Spiritual Dan Mindfulness Pada Majelis Sahabat Shalawat
Jurnal Psikologi Islami Vol.3 No.2 Hal.79-85.
Nurkholifah Istiqomah. (2018). Penerapan Sikap Disiplin Pada Santri Dan Santriwati Di Pondok
Pesantren Jurnal Kewarganegaraan Vol.2 No.2 Hal.46-51.
Harahap Juliyanti. (2017). Hubungan Antara Kotrol Diri Dengan Ketergantungan Internet DiPustaka
Digital Perpustakaan Daaerah Medan Jurnal Edukasi Vol.3 No.2 Hal.131-145.