NILAI-NILAI DAKWAH DALAM KEGIATAN SEMAAN AL-QUR’AN DI MAJELIS TA’LIM AL-IKHLAS LOSARI RAWALO BANYUMAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai dakwah dalam kegiatan semaan Al-Quran di Majelis Talim Al-Ikhlas Losari Rawalo Banyumas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan sasaran penelitian semaan Al-Quran. Maka dengan itu, subjek penelitian ini adalah ketua, pengurus, dan anggota Majelis Talim Al-Ikhlas. Metode yang digunakan dalam memperoleh data yang dapat mendukung penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Penulis dapat menarik kesimpulan berdasarkan analisis bahwa kegiatan semaan Al-Qur'an dipengaruhi secara positif oleh nilai-nilai dakwah. Hal ini jelas menunjukkan bahwa kegiatan semaan Al-Quran memiliki nilai-nilai dakwah yang kemudian berdampak pada kehidupan masyarakat sehari-hari.
Downloads
References
Aisah, N. (2016). Nilai-Nilai Dakwah Dalam Film Cermin Kehidupan "Latah Membawa Berkah Bagian 1" (Analisis Semiotik Roland Barthes), (Skripsi). Semarang: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Walisongo.
Alawiyah, T. (1997). Strategi Dakwah Di Lingkungan Majelis Taklim. Bandung: Mizan.
Alawiyyah, T. (2009). Manajemen Majelis Taklim. Jakarta: Pustaka Intermasa.
Al-Dausary, M. (2016). Keutamaan-Keutamaan Al-Qur'an. Malang: Alukah.
Al-Fauzan, A. b. (2013). Menjadi Hamba Yang Pandai Bersyukur. Solo: Aqwam.
AM, M. (2022). Semaan (Simaan) Al-Qur'an: Amaliyah Berlipat Pahala dan Rahmat. Cilacap: https://pcnucilacap.com/semaan-al-quran/.
Amin, M. M. (1980). Metode Dakwah Islam. Yogyakarta: Sumbangsih.
Arif. (2017). Semaan, Tradisi Membaca Al-Qur'an yang Melekat di Hati Maysarakat Semarang. Semarang: https://www.rappler.com/world/bahasa-indonesia/172003-semaan-tradisi-membaca-al-quran/.
Arifin, A. (2011). Dakwah Kontemporer; Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ar-Ramli, M. S. (2007). Keajaiban Membaca Al-Qur'an. Sukoharjo: Insan Kamil.
Aziz, A. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Basit, A. (2012). Filsafat Dakwah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Z. (1976). Pembinaan Remaja. Jakarta: Bulan Bintang.
Ichwan, M. (2001). Memasuki Dunia Al-Qur'an. Semarang: Effhar Offset Semarang.
Ilaihi, W. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT RREMAJA ROSDAKARYA.
Irham, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Dakwah Dalam Manajemen Pemasaran Bank BNI Syariah Pekan Baru (Skripsi). Riau: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim.
Ismail, I. B. (2006). Sarah Ta'limul Muta'allim. Surabaya: Haromain Jaya.
Karim M. R., A. T. (1991). Metodologi Penelitian Dakwah: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
Koswara, A. (2009). Metode Efektif Menghafal Al-Qur'an. Tri Daya Inti: Jakarta.
Muawanah, F. (2021). Tradisi Semakan Al-Qur'an Sebagai Perkokoh Ukhuwah di Pondok Pesantren Sempu. Sempu: http://www.hariantemanggung.com/2021/05/tradisi-semakan-al-quran-sebagai.html.
Munawwir, A. W. (2007). Kamus Al-Munawir. Yogyakarta: Pustaka Progresif.
Mustafa, M. (2011). Konstruksi Filsafat Nilai: antara Normatifitas dan Realitas. Makassar: Alauddin Pers.
Pimay, A. (2006). Metodologi Dakwah: Kajian Teoritis Dari Khazanah Al-Qur'an. Semarang: RaSAIL.
Rauf, A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur'an Da'iyah. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.
Ridwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusdiana, Q. Y. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rustan, A. S. (2018). Peranan Majelis Taklim Anas bin Malim dalam Membina Silaturrahmi Masyarakat di Kabupaten Pare-Pare. Jurnal Al-Khitabah.
Sahriansyah. (2014). Ibadah dan Akhlak. Yogyakarta: IAIN Antasari Press.
Saputra. (2001). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Schunk, D. H. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.
Shaleh, A. R. (1977). Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Shihab, Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an. Bandung: Mizan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharso. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Supardi. (2004). Perbandingan Metode Baca Qur'an Bagi Pelajar di TPK/TPQ Kelurahan Bareng Malang. Lemlit Stain Mataram.
Supranto. (2000). Statistik (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Erlangga.
Taqiyyudin, M. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Cirebon: Pangger Publishing.
Utami F., M. &. (2007). Keajaiban Membaca Al-Qur'an: Mengurai Kemukjizatan Fadhilah Membaca Al-Qur'an Terhadap Kesuksesan Anda. Yogyakarta: Diva Press.
Wahid, W. A. (2014). Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Diva Press: Yogyakarta.
Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Zulfa, U. (2014). Modul Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media.