NILAI-NILAI RELIGIUS PEMANDU LAGU “FREELANCE” DI CILACAP DALAM MEMPENGARUHI SIKAP PELANGGAN
Abstract
Kehidupan pemandu lagu freelance di dunia malam saat ini menjadi daya tarik, salah satunya sisi kehidupan keagamaan atau religiusitas mereka. Hal ini tentu akan menimbulkan efek sikap pelanggan atau tamu yang menyewa jasanya, namun nilai-nilai religius mempengaruhi dimanapun tempatnya dan apapun pekerjaanya, mereka tetap berpegang teguh dengan kepercayaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku religius pemandu lagu freelance di kota Cilacap dan bagaimana nilai-nilai religius tersebut dalam mempengaruhi sikap pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemandu lagu freelance di kota Cilacap sadar dan paham terkait bentuk bentuk perilaku religius dalam beragama, dari mulai keyakinan atau aqidah, praktik-praktik agama atau syariah, pengamalan atau akhlaq, pengetahuan atau ilmu dan penghayatan atau ihsan. Kemudian nilai-nilai religi tersebut mempengaruhi dan menimbulkan sikap pelanggan, yakni menghargai seseorang dengan latar belakang pengetahuan agama dalam lingkup sebuah pekerjaan dan profesionalitas kerja.
Downloads
References
Anggrek, interview by Ris Riyanto. Dimensi Pengatuan/Ilmu : sadar akan pendidikan buat adiknya (Februari 13, 2023).
Anggrek, interview by Ris Riyanto. Dimensi Pengetahuan/Ilmu: Sadar akan pekerjaan dan sadar pendidikan penting buat adiknya (Februari 13, 2023).
Bustanuddin, Agus. Agama dalam Kehidupan Manusia: Pengantar Antropologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2006.