STRATEGI DAKWAH MADRASAH DINIYAH AN-NUR CENTER DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA SANTRI

  • Laisa Ifki Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Tuti Munfarida Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Strategi, Dakwah, Santri, Madrasah Diniyah

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui strategi dakwah yang diterapkan Madrasah Diniyah An-Nur Center dalam menanamkan nilai-nilai ajaran islam pada santri. Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Madrasah Diniyah An-Nur Center dalam menanamkan nilai-nilai ajaran islam pada santri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang didasarkan pada filsafat postpositivisme. Metode ini dikenal sebagai metode artistic karena proses penelitian lebih bersifat seni dan sebagai metode interpretive karena hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi data. Penulis tidak menghasilkan data yang dapat diukur dan tidak menampilkan data dalam bentuk angka, melainkan data penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi dan penjelasan tertulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang memusatkan perhatian pada prinsip-prinsip umum yang mendasari makna dari gejala sosial di dalam masyarakat. Hasil yang diperoleh selama penelitian berdasarkan observasi dan wawancara, yaitu An-Nur Center Dusun Penikel menyelenggarakan kegiatan dakwah Islam dengan menggunakan berbagai strategi dakwah. Strategi yang digunakan diantaranya strategi dakwah langsung, tidak langsung, interaktif, empiric, dan mandiri. Melalui penerapan strategi dakwah santri berbasis education-culture-research di An-Nur Center tercapai beberapa hasil positif. Santri mampu memahami materi bimbingan yang diberikan dengan lebih baik. Selain itu, santri juga terlatih dan mandiri dalam proses dakwah Islam, serta menjadi rajin dalam beribadah. Strategi dakwah ini juga membantu santri dalam membentuk mental yang berani serta terbentuknya akhlak yang terpuji pada diri santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abzar, M. (2015). Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah). Lentera, 18(1), 37–52.
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. In Amzah. Amzah.
Arifin, A. (1989). Strategi Komunikasi. Armiko.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Penada Media.
Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kencana.
David, F. R. (2002). Manajemen Strategi Konsep. Prenhallindo.
Hafidhuddin, D. (1998). Dakwah Aktual (1st ed.). Gema Insani Press.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 113–129. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49
Junaidi, M. (2023). Pendidikan anak-anak perspektif al-qur ’ an dan hadits. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87–99.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Munfaridah, T. (2019). Petunjuk Praktis Menjadi Da’i Sukses Profeesional (III). Ihya Media.
Munir, M. (2003). Metode Dakwah (1st ed.). Kencana.
Munir, M. (2009). Manajemen Dakwah (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.
Rangkuti, F. (1997). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaaan Strategis untuk Menghadapi Abad-21. Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Sanwar, A. (2009). Ilmu Dakwah: Suatu Pengantar Studi. In Pemikiran Islam di Malaysia: Sejarah dan Aliran (Vol. 20, Issue 5). Penerbit Gunungjati Semarang.
Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah. In Rajawali Pers. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29320
Satriya, R. B. (2019). Seni sebagai Media Dakwah Pembinaan Akhlak. Jurnal Komunikasi, 13(2), 201–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art7
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Alfabeta.
Syukir, A. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Al-Ikhlas.
Wahab, R. (2004). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (1st ed., pp. 1–14). Alfabeta.
Ya’qub, H. (1992). Publistik Islam Teknik Dakwah dan Leadership (Vol. 45, Issue July). Diponegoro.
Published
2024-06-29
How to Cite
Ifki, L., & Munfarida, T. (2024). STRATEGI DAKWAH MADRASAH DINIYAH AN-NUR CENTER DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA SANTRI. Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 8(1), 44-64. Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/hjh/article/view/1124