POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KELUARGA ANTARA ANAK DAN ORANG TUA
Abstract
Penelitian pola komunikasi antara anak dan orang tua, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian akan difokuskan kepada tiga pembahasan yaitu edukasi seks, pertemanan di lingkungan sekolah, dan pergaulan di luar lingkungan sekolah. Hasil penelitian kepada 9 anak dengan usia 12-15 tahun (remaja awal) dan 8 orang tua di Dusun Corot menunjukan bahwa pola komunikasi antara orang tua dan anak tentang edukasi seks belum dijalankan secara maksimal, orang tua hanya memberikan nasihat dan larangan ketika bersosialisasi dengan lawan jenis contohnya tidak pulang larut malam, tidak boleh melakukan kontak fisik, tidak boleh berpacaran. Anak sesekali bercerita tentang teman dan kegiatan di sekolah walaupun masih ada beberapa yang lebih nyaman bercerita kepada teman di sekolahnya. Mengenai pergaulan di luar lingkungan sekolah, baik orang tua ataupun anak sudah melakukan kesepakatan yang baik, anak menuruti apa yang dinasihati oleh orang tua, dengan menjaga pergaulan, memilih teman yang baik, dan meminta izin kepada orang tua ketika hendak bermain. Secara keseluruhan pola komunikasi yang terjadi di Dusun Corot adalah Pola Komunikasi Otoratif.
Downloads
References
Cangara, Haffied. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy. dan Onong Uchjana.(2007).Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewi, Kartika Sari. dan Costrie Ganes Widayanti.(2011). Gambaran Makna Keluarga Ditinjau dari Status dalam Keluarga, Usia, Tingkat Pendidikan, dan Jenis Pekerjaan (Studi Pendahuluan). Jurnal Psikologi Undip Vol. 10. 163-164.
Sugono, Dendy, dkk.(2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Agustina, Fitria Indriani Lail.Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Anak Dalam Pembentukan Karakter (Studi Tentang Duplikasi Karakter Anak Di Desa Sesela Kecamatan GunungSari, Kabupaten Lombok Barat).
Mardiastuti, Aditya.(2022).https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya. Diakses pada 17 Februari 2022.
Soyomukti, Nurani.(2010).Pengantar Ilmu Komunikasi.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Widjaja, A. W.(2002). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Rahmawati, dan Muragmi Gazali.(2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. Jurnal Al-Munzir Vol.11. 170-171.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung: Alfabeta, cv.
Bimo.https://pakarkomunikasi.com/hambatan-komunikasi-antar-pribadi. Diakses pada 28 Desember 2022.
https://www.edukasinfo.com/2020/09/macam-macam-sumber-dan-teknik.html?m=1.Diakses pada 29 Desember 2022.
Salmaa.https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian-kualitatif/amp/.Diakses.pada.29 Desember 2022.
Faizti, Nurfadhela.https://www.duniadosen.com/macam-macam-analisis-data-kualitatif/ Diakses pada 01 Januari 2023.
Inah, Ety Nur dan Melia Trihapsari.(2016).Pola Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Tsanawiyah Tridana Mulya Kecamatan Landono, Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Al- Ta’dib Vol 9 No 2.
https://www.unesa.ac.id/bullying-marak-di-sekolah-pakar-psikologi-anak-unesa-ungkap-penyebab-dan-solusinya. Diakses pada 22 Februari 2023.
https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1979/4tahun1979uu.htm diakses pada 23 Februari 2023.
Adlina,Atifa.(2022).https://hellosehat.com/parenting/remaja/tumbuh-kembang-remaja/perkembangan-anak-13-tahun/ diakses pada 23 Februari 2023.
(2022).Buku-profil-desa-danasri-lor
Rustan, Ahmad Sultra dan Nurhakki Hakki (2017).Pengantar Ilmu Komunikasi (cetakan I).Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Daryanto dan Muljo Rahardjo.(2016).Teori Komunikasi (cetakan I).Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Liliweri, Alo.(2015).Komunikasi Antarpersonal (edisi pertama).Jakarta: Penerbit Kencana.
https://www.sehatq.com/artikel/8-tahapan-pertumbuhan-manusia-mulai-dari-kandungan-hingga-lansia diakses pada 16 Juni 2023
Wendari, Weni Nur, dkk.(2016).Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Di Kota Bogor.Jurnal Bimbingan Konseling 5(1). 135-136.
Hartini, Sri.(2017).Buku Pintar Komunikasi Pada Bayi Sampai Dewasa.Yogyakarta: C.V Andi Offset (Penerbit Andi).
Harapan, Edi dan Syarwani Ahmad.(2016).Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Aryadhillah.(2018).Komunikasi Antar Pribadi Dalam Keluarga (Studi Fenomenologi Terhadap Perilaku Komunikasi Pasangan Suami Istri Yang Mengalami Ketimpangan Pendapatan). Jurnal Cakrawala Vol. XVIII No. 1.
Afrilia, Ascharisa Mettasatya dan Anisa Setya Arifina.(2020).Buku Ajar Komunikasi Interpersonal.Magelang: Penerbit Pustaka Rumah C1nta.
Sukarelawati.(2019).Komunikasi Interpersonal Membentuk Sikap Remaja.Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Setyowati, Yuli.(2005).Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa).Jurnal ILMU KOMUNIKASI volume 2, Nomor 1. 70.
Novita, Dina, dkk.(2016).Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini Di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah Volume I, Nomor 1. 24 .
Sitorus.Rusmawaty.(2021).https://dinsospmd.babelprov.go.id/content/panduan-pendidikan-seks-pada-anak-dan-remaja. Diakses pada 23 Juli 2023
Supriyanto, Ahmad dan Afifah Afra.(2011). Bincang-Bincang Soal Seks! Pendidikan Seks untuk Remaja. Surakarta: Gizone Publishing.