STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN PUTRI DALAM MENERAPKAN PERATURAN PENGAJIAN SOROGAN

  • Fajriyah Malihatun Nafisah Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Muhammad Fatikhun Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Strategi komunikasi, Management, Pengurus, PP Al Ihya Ulumaddin, Peraturan Pengajian Sorogan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pengurus pondok pesantren al ihya ulumaddin putri dalam menerapkan peraturan pengajian sorogan. Metode penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kualitatif (field research). Penelitian ini ialah penelitian yang dilakukan langsung di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif-interaktif yaitu penelitan yang dilakukan oleh para peneliti untuk mengumpulkan data dalam situasi tatap muka ataupun via online kepada orang-orang yang sudah diseleksi dalam penelitian lapangan. Hasil penelitian ini adalah strategi komunikasi sangatlah penting bagi sesorang dalam menyampaikan pesan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Penerapan peraturan pengajian sorogan ini cukup maksimal dan efektif. Penerapan peraturan yang dilakukan oleh pengurus ,murid atau santri harus bisa membaca kitab kuning dan dari guru atau pengajar pun menerapkan bagaimana caranya mereka bisa. Ada juga media yang digunakan untuk mensosialisasi yang pengurus lakukan untuk mensosialisasikan peraturan pengajian sorogan itu pengurus terlebih dahulu memberitahu kepada guru atau pengampu sorogan dan kemudian guru atau pengampu sorogan itu menyampaikan peraturan kepada anak-anak didiknya masing-masing. Dari santri-santri juga sangat antusias, karena dengan santri atau murid mengaji sorogan santri menjadi lebih paham dan lebih tau mengenai kitab sorogan yang dikaji, tidak hanya satu atau dua persoalan tetapi bayak persoalan bahkan terkait lika-liku kehidupan ada dalam kitab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohman, F. (2006). Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rinekha Cipta.
Adhi Kusumastuti, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendiidkan Sukarno Pressindo.
Adz-Dzakie, H. B. (2006). Kecerdasan Kenabian Prohetich Intellegence. Yogyakarta: Pusat Al-Furqan.
Afrilia, A. M. (2020). buku ajar komunikasi interpersonal. magelang: Rumah Cinta.
Ali, A. (1987). beberapa persoalan agama dewasa ini. jakarta: rajawali.
Amir haedari, D. (2004). masa depan pesantren dalam tantangan modernitas dan tantangan komplesitas global. jakarta: IRP Press.
Andhitasari, A. (2017). Komunikasi Antarpribadi. Sleman: Deepublish.
Ardial. (2018). Fungsi Komunikasi Organisasi. medan: lembaga penelitian dan Penulisan Aqli.
Badri, M. A. (2013). cerdas komunikasi ala nabi. jakarta: pustaka imam asy syafi'i.
Efendy. (2015). komunikasi teori dan praktek komunikasi. bandung: PT. citra Aditia Bakti.
Efendy, O. U. (2000). ilmu komunikasi dan praktek. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Efendy, O. U. (2007). ilmu dan komunikasi teori dan praktek. Badung: PT Remaja Rosdakarya.
Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta, Anggota IKAPI DKI Jakarta.
Fatmawati, R. A. (2021). Strategi Komunikasi Peduli Jilbab dalam Sosialisasi Pemakaian Jilbab Syar'i di Kalangan Muslimah. Jurnal Alhadharah Vol. 1, 4.
Fauzi, a. (2020). Peradaban Santri : Perspektif Kuasa - Pengetahuan. Jawa Timur: Peneleh, Anggota IKAPI.
Fitriyah, L. (2019). Peran Kiai dalam Pembentukan Karakter Santri Dipondok Pesantren Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Lampung.
Ginting, D. (2017). Komunikasi Cerdas. jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Helaludin, H. J. (2019). Analisis Data Kualitatif.
Hidayat, D. (2012). Kounikasi Antarpribadi dan Medianya . Yogyakartaa: Graha Ilmu.
I'ahham, A. M. (2015). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, dan Perlindungan Anak. Jakarta: Publica Institute Jakarta.
Indra, H. (2004). pesantren dan transformasi dalam tantangan modernitas dan tantangan komplesitas global. jakarta: IRP Press.
Kebudayaan, D. p. (2001). kamus besar bahasa indonesia. kajian tentang pengurus pondok, 9.
Leni redha, y. a. (2018). fungsi perencanaan pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja pengurus organisasi pondok. manajemen dakwah, 160.
Mahfud, M. d. (2005). Rekontruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. jakarta: Depag RI.
Margono, S. (n.d.). Metodolgi Penelitian.
Misbah Khussurur, A. M. (2018). agenda santri pp. al ihya ulumaddin biografi massis, profil pesantren, kitab niat ingsun ngaji, dan kumpulan doa. kesugihan cilacap: ihya media.
Misbahussurur, A. M. (2021). Agenda Santri PP. Al Ihya 'Ulumaddin (Biografi Muassis, Profil Pesantren, Kitab Niat Ingsun Ngaji, dan Kumpulan Doa. Cilacap: Ihya Media.
Ms.Ninanelsonbooks.com. (2022). makna peraturan (apa itu konsep da definisi).
Muh. Fitrah, L. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Muhammad Syukri, Z. A. (2019). strategi komunikasi pondok pesantren darun najah duman dalam meningkatkan religiusitas mesyarakat di desa duman kec. lingsar kab.lombok barat. komunike, volume XI, No. 2, 106.
Nawawi. (2006). Sejarah dan Perkembangan Pesantren. jurnal ihda.
Niswah, C. (2014). sejarah pendidikan islam. palembang: Noer Fikri Offset.
Nurhadi, D. (2017). teori komunikasi kontemporer. depok: kencana.
Panuju, D. (2018). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. jakarta: Prenadamedia.
Qorina. (2018). kajian tentang pengurus pondok. etheses.iainkediri.ac.id, 8-9.
Qorina, M. (2018). pondok, kajian tentang pengurus. etheses.iainkediri, 10.
Ridwan. (2004). Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintah Swasta. Bandung: Alfabeta.
Roben. (2008). manusia komunikasi. jakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Rohilin. (2017). persepsi masyarakat terhadap pendidikan islam di pondok pesantren Al - Haromain.
Sapril. (2011). komunikasi interpersonal pustakawan. Iqra'Valume 05 No.01.
Setiawan Hari Purnomo, Z. (1999). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: LPEEE UI.
Subhan, s. f. (2012). antologi sejarah islam amaliah uswah NU. surabaya: khlmista.
Sudrajat, S. (1994). Manajemen Pemasaran Jasa Bank. Jakarta: Ikral Mandiri Abadi.
Sugiono. (2016). metode penelituan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: alfabeta.
Suprapto. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Jakarta: PT.Buku Seru.
Surur, m. (2018). agenda sntri PP. Al Ihya 'Ulumaddin biografi muassis, profil pesantren, kitab niat ingsun ngaji, dan kumpulan doa. kesugihan, cilacap: ihya media.
Syafe'i, I. (2017). pondok pesantren: lembaga pendidikan pemmbentukan karakter. al-tadzkiyyah: jurnal pendidikan islam, 63.
Umniyya, A. N. (2021). strategi komunikasi antarpibadi ustadzah dan santri dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren daar el-hikam ciputat. 2.
Widjaja, H. (2008). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.
Wursanto. (2001). Pengantar Ilmu komunikasi. Jakarta: Grasindo.
Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Ciputat Press.
Zafitri, Z. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Pembina dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren DDI Takkalasi. parepare.
Zulfa. (2019). teknik kilat penyusunan proposal skripsi. cilacap: ihya media.
Zulfa, u. (2011). metodologi penelitian sosial. cilacap: ihya media.
Zulfa, U. (2019). Model Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media.
Published
2024-12-23
How to Cite
Malihatun Nafisah , F., & Fatikhun, M. (2024). Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 8(2), 99-111. Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/hjh/article/view/1335