HUBUNGAN ANTARA JAMAAH SALAT FARDU DENGAN KARAKTER ISLAMI SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

  • Qoningaturrizkinuzilah Qoningaturrizkinuzilah Institut Agama Islam Imam Ghozali
Keywords: Salat Fardu, Jamaah Salat Fardu, Karakter Santri

Abstract

Salat fardu lima waktu merupakan ibadsh yang wajib dilkasanakan oleh semua umat Islam sebagai bukti ketaatan, kepatuhan, dan ketundukan pada perintah Allah SWT dengan syarat dan rukun yang sudah ada. Dasar dan tujuan penciptaan manusia dimuka bumi adalah untuk mengabdi, menyembah dan beribadah pada Allah SWT yang telah menciptakan alam dan beserta seluruh isi didalamnya. Pelaksanaan saalat fardu lima waktu secara berjamaah yang benar dan kosisten mempengaruhi proses pembentukan karaakter sesseorang dalam ucapan dan tingkah laku untuk kehidupan personal maupun sosial, terlebih lagi dalam diri seorang santri yang diharapkan menjadi generasi religius, taat dan handal dalam keilmuan yang dimilikinya.

Pondok pesantren merupakn lembga pemdidikan islm yang unik dan memiliki ciri khas yang sangat kust dan lekat.  Pondok pesantren dalam hal ini yaitu Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap yang meripakan satu diantara beberapa pondok pesantren yang berda di daerah Kabupaten Cilacap sebagai salah satu wadah sarana dan prasarans bagi para santri dalam menimba ilmu agama Islam. Penelitian ini bertujuan unuk mengetshui bgaimana pelksanaan jamaah salat fardu yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin tahun 2021, untuk mengetahui bagaimana karakter Islami sanri putri di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin  tahun 2021. Dan untuk mengteahui apakah ada hubungan atau keterkaitan  antara pelaksanaan jamaah salat fardu dengan krakter Islami ssntri di Pondo Pesantren Al Ihya Ulumaddin pada tahun 2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 34 responden. Untuk menggali data penelitian menggunakan metde angket yang dibagikan kepada responen untuk diisi.

Data yang dapat mendukung guna penelitian, peneliti mengginakan metode dokumentasi dan observasi langgung di Pondok Ppesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Pada Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau keterkaitan yang positif  diantara  dua variabel, yaitu jamaah salat fardu dengan karkter Islami santri di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin putri Kesugihan Cilacap. Berdasarkan hasil analisis output data yang dilakukan menggunakan SPSS 24 Correltions Person Producct Moment, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,0001 ˂ 0,05, artinya  diantara kedua variabel tersebut ditemukan korelasi atau hubungan yang positif dan searah. Artinya semskin baik atau semakin rajin pelaksanaan jamaah salat fardu maka semakin baik pula ksrakter Islami santri, dan sebaliknya semaakin tidak rajin pelaksansan jamaah salat fardu maka semakin buruk karaakter Islami sntri.

Author Biography

Qoningaturrizkinuzilah Qoningaturrizkinuzilah, Institut Agama Islam Imam Ghozali

Mahasiswa

References

Abrari. (2002). salat Berjamaah Panduan Hukum, A dab, Hikmah, dan Peringatan tentang Pelaksanaan salat. Solo: Pustaka Arafah.

Amin. (2010). Kajian Lengkap salat Jamaah. Jakarta: Darul Haq.

Amos. (2014). Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zainal dan Sujak. (2011) Perencanaan Pembelajaran (Dari Desain Sampai Implementasi), Yogyakarta: Pedagogia

Azzet. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim. (2006). Agenda Pembaharaun Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dhofier. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES, anggotaIkapi.

Djoko S. (2000). Tradsi Santri dalam Historiografi Jawa.

El-Fati. (2015). Panduan Shalat Praktis dan Lengkap. Jakarta Selatan: Kawah Media.

Fitri. (2012). Pendidikan Ksrakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi . Bandung: Alfabeta.

Gunawan. (2014). Pendidikan Islam KajianTeoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Haddad. (2001). Nasehat Agama. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

Hariyanto. (2012). Konsep dan Modl Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rmaja Rosdakarya.

Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juwairiyah. (2010). Hadits Tarbawi. Yogyakarta: Teras.

Khoir. (2009). Keutamaan salat Berjamaah. Solo: Insan Media.

Lumaurridlo. (2019). Evaluasi Pendidikan. Cilacap: Ihya Media.

Ma'mur. (2012). Buku Psnduan Internalisasi Pendidiksn Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Martono. (2016 ). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Misbahus Surur, Ali Muchson & Indra Prasetyo W. (2018). Agenda Santri PP. Al Ihya ‘Ulumaddin. Cilacap: Ihya Mdia.

Muathi. (2008). Ingin Anak Anda Rajin salat. Solo: Aqwam.

Muhidin. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Munir Amin, Samsul. (2019). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah

Pramesti, Getut. (2017) Statistika Penelitian dengan SPSS 24. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Ofset.

Rohma. (2014). Hubungan antara Kepuasan Hidup Remaja dengan Syukur pada SiswaSMAIT Abu Bakar Boarding School Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Vol IV, No. 2, ISSN 2475-6536, 2.

Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sadili. (2009). Panduan Praktis dan Lengkap Shalat fardu & Sunnah. Jakarta: Amzah.

Santhut. (1998). Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral dan Spiritual Anak Dalam Keluarga Muslim. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Sudjana. (2010). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2018). Meode pEnelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta

Sunarto. (2012). Hadits Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Surabaya: Al-Miftah.

Sunarto. (2012). Terjemah Safinatun Naja. Surabaya: Al-Miftah.

Suwito. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter kedalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II, No. 2 iSSN 1897-2636, Universitas Negeri Yogyakarta, 3.

Tadjab. (1994). Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama.

Thobroni. Achmad. (2016). Sistem Pembinaan Karakter Islami Santri dalam Tinjauan Manajemen Kesiswaan. Ponorogo: STAI Ponorogo.

Implementasi salat fardu sebagai Sarana Pembentuk Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang Ubaedy. (2007). Quantum Tahajud . Jakarta: Granfindo Khazanah Ilmu.

Zaitun. (2013). Jurnal Penelitian Agama Islam. Vol 11. No 3. 167

Zaenul. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zulfa. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (edisi revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu.

Zulfa. (2011). Metodologi Penelitian Sosial (edisi revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu.

Zulfa. (2010). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.

Published
2021-06-07
How to Cite
Qoningaturrizkinuzilah, Q. (2021). HUBUNGAN ANTARA JAMAAH SALAT FARDU DENGAN KARAKTER ISLAMI SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 16-42. https://doi.org/10.52802/hjh.v5i1.187
Section
Articles