STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN AN NAHL PADA MASYARAKAT DI PURBALINGGA
Abstract
Kehidupan masyarakat tidak akan terlepas dari yang namanya ajaran agama Islam. Pondok pesantren dan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Awal berdirinya pondok pesantren An Nahl masyarakat sekitar masih memandang sebelah mata, karena mereka beranggapan lembaga pendidikan semacam pondok pesantren masih asing dimata ataupun ditelinga masyarakat sekitar. Sebagai masyarakat yang masih awam dengan ajaran agama Islam tentu sangat terganggu dengan hadirnya pondok pesantren An Nahl yang dimana hari-harinya dipenuhi dengan kegiatan pengajian. Seiring berjalannya waktu, masyarakat menjadi sadar bahwa adanya Pondok Pesantren An Nahl penting bagi kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan Pondok Pesantren An Nahl dalam menghadapi masyarakat. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, serta keberhasilan dakwah yang disampaikan oleh Pondok Pesantren An Nahl.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan moetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah Pondok Pesantren An Nahl dan masyarakat Desa Karangreja.
Hasil penelitian ini adalah strategi dakwah Pondok Pesantren An Nahl pada masyarakat Desa Karangreja yang menghasilkan dakwah yang efektif. Faktor penghambat yang tidak menjadikan pupusnya Pondok Pesantren An Nahl dan justru menambah semangat. Keberhasilan dakwah Pondok Pesantren An Nahl dilihat dari perubahan masyarakat dari moral, tingkah laku dan peningkatan ekonomi. Berdasarkan data yang dikumpulkan menghasilakn kesimpulan bahwa Pondok Pesantren An Nahl menggunakan strategi tilawah dan ta’lim, selain strategi dakwah, Pondok Pesantren An Nahl juga menggunakan pendekatan pendidikan, psikologi, komunikasi, struktural, dan ekonomi. Adapun metode yang digunakan adalah metode mau’idzhah hasanah dan ceramah. Yang terbukti masyarakat antusias mengikuti pengajian yang disediakan oleh Pondok Pesantren An Nahl.
Downloads
References
Acep, A., & Syukriadi, S. (2007). Dakwah Damai : Pengantar Dakwah Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad, B. (2015). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Pondok Pesatren Penghafal Al-Qur''an pada Islamic Center ban Bazdi Bantul. Universits Atma Jaya Yogyakarta, 1.
Ahmad, S. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. Tradis, 4.
Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Anthon, F., & Suwari, A. (2015). Partispasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi. Unifikasi, 78.
Arikunto, S. (2006). Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bachri, B. S. (2010). Menyakinkan Valaiditas Data Melalui Tringulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi pendidikan, 55-56.
Bambang, T. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Geoedukasi, 41.
Bob, A. (2017). Efektifitas dan Indikator Keberhasilan Dakwah. Al Muttaqin, 14.
Cangara, H. (2016). Pengantat Iimu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Elva, O. (2019). Manfaat Mengikuti Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat. Istinarah, 67.
Farida.(2013). Strategi Pengembangan Materi Dakwah Tokoh Agama di Desa Loram Wetan (Tinjauan Psikologis Mad'u). At-Tabsyir, 51.
Fatih, & Khasan.(2017). Pedoman Santri An Nahl. Purbalingga: Lebah Media.
Hanun, A. (2004). Pelembagaan Pesantren. Jakarta: Departemen Agama RI.
Imam, S. (2017). Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Membentuk Karakter. At-Tadzkiyyah, 94.
Ismah, & Salman.(2004). Stratategi Dakwah di Era Millenium. Kajian Dakwah dan Budaya, 3.
Kustadi, S. (2014). Strategi Dakwah (Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Abduh, M. (2009). Strategi Dakwah Pondok Pesantren Mu'alimmin Rowoseneng Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Yogyakarta: Universita Islam Negeri Sunan Kalijaga.
M. Ali, A. (2015). Ilmu Dakwah. Jakarta: Pernada Media.
M. Husni, S. (2018). Pendidikan Pesantren Perspektif KH. Abdurrahman Wahid. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.
M.Tata, T. (2020). Dakwah Era Digital : Sejarah, Metode dan Perkembangannya. Kuningan: Pustaka Al Ikhlas.
Mastuhu.(1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren . Jakarta: INIS.
Miles, H. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Mudjia, R. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. GEMA Media Informasi dan Kebijakan Kampus, 2.
Murtadho, M. (1992). Masyarakat Dan Sejarah. Bandung: Mizan.
Najamuddin.(2020). Strategi Dakwah dan Faktor Pengaruh. Studi Islam, 31-32.
Nurkholis.(2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikann , 25.
Purnomo, R. (2016). Profil Perkembangan Kependudukan Tahun 2016. Purbalingga: Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil.
Riska, F. (2022). Pesantren di Indonesia : Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqo, 4.
Samsul Munir, A. (2013). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Samsul, M. A. (2008). Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: Amzah.
Sapirin. (2018). Pemikiran Filosofi tentang Masyarakat. Studi Multidisipliner, 84-85.
Soewadji, J. (2014). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sofjan, A. (2010). Managament Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sofyan, H. (2019). Model Managament Strategi Dakwah di Era Kontemporer. Al Hikmah, 85.
Sony, E. A., & Sutanaji. (2021). Strategi Dakwah dalam Media Sosial. Al-Tsiqoh (Dakwah dan Ekonomi), 3.
Suhandi.(2014). Penyiaran Agama dalam Perspektif Islam. Al-Adyan, 115-116.
Suharto.(1997). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Surabaya: PT Indah.
Supriyanto.(2018). Konsep Dakwah Efektif. Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 240.
Syaron, F. J. (2006). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam Penyusunan RPJMD Kota Tomohon. Administrasi Publik, 02.
Tuti, A. (1997). Strategi Dakwah di Lingkungan Majlis Ta'lim. Bekasi: Mizan.
Tuti, M. (2012). Strategi Pengembangan Dakwah Kontemporer. Cilacap: Al-Munqidz.
Tuti, M. (2019). Petunjuk Praktis Menjadi Da'i Sukses Profesional. Cilacap: Ihya Media.
Zamakhsyari, D. (2011). Tradisi Pesantren . Jakarta: LP3ES.
Zulhimma.(2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Darul 'Ilmi, 166-167.