STRATEGI KOMUNIKASI BIRO PELITBANG DALAM MENINGKATKAN SIKAP ENTREPRENEUR GENERASI MUDA DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

  • Nur Sabi’is Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Mochamad Taufiqurrochman Abdul Aziz Zein Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Strategi Komunikasi, Entreprenenur, Pondok Pesantren

Abstract

Latarl belakang masalahl ini adalah dalam menjalanil kehidupannya seseorangl tidak akanl terlepas daril yang namanyal komunikasi. Sepertil yang dilakukanl oleh pihakl Pondok Pesantrenl Al-Ihyal ‘Ulumaddin Kesugihanl Cilacap dalaml upaya meningkatkan sikap entreprenenur para generasi mudanya. Dalam menghadapi revolusi industry santri di tuntut untuk berperan aktif serta mandiri di segala tatanan kehidupan. Tanpa meninggalkan tugas utamanya yaitu mengaji. Selain itu juga untuk membekali santri dalam bidang enterpreneurship, supaya nantinya tidak gagap ketika sudah hidup di masyarakat, bukan hanya bisa membaca Kitab Kuning, akan tetapi lihai dalam dunia enterpreneur.

 

Tujuanl dari penelitianl ini adalahl untuk mengetahuil strategi komunikasil Biro Pelitbang yang digunakanl oleh Pondokl Pesantren All Ihya ‘Ulumaddin dalaml meningkatkan sikap entreprenenur generasi muda melalui kegiatan pelatihan, keterampilan dan pengembangan (Pelitbang).

 

Pendekatanl yang digunakanl dalam penelitianl ini adalahl pendekatan kualitatifl yang menjelaskanl fenomena yangl sedalam-ldalamnya. Penelitian inil menggunakan teoril komunikasi linterpersonal. Subjek dalaml penelitian inil adalah Pondokl Pesantren All Ihya ‘Ulumaddinl dan Biro Pelitbang. Teknikl pengumpulan datal yang digunakanl ialah lobservasi, wawancara danl dokumentasi. Sedangkanl untuk analisisl data penelitil menggunakan modell Milles andl Hubermen melaluil tahap reduksil data, penyajianl data danl penarikan lkesimpulan. Secara lumum, tujuan pokokl di adakanya kegiatan pengembanganl adalah agarl para santril dapat mengembangkanl potensi yangl ada padal dalam dirinya, terkaitl dengan ilmul pengetahuan danl keterampilan. Pondokl pesantren secaral umum mempunyail peranan sebagail lembaga pendidikanl non formall yang mempunyail andil besarl terhadap terbentuknyal individu musliml yang menguasail ilmu lagama, berpengetahuan luasl dan ber-akhlakull karimah (mempunyail akhlak yangl terpuji) sehinggal mampu untukl mengaplikasikan ilmunyal dalam kehidupanl bermasyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sefullah., m. s. 2019. Model Pendiidkan Islam. Yogyakarta: Deepublis.
Anang Firmansyah and Anita Roosmawarni. 2020. Kewirausahaan : Dasar Dan Konsep. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Anwar, Pengantar Kewirausahaan Teori Dan Aplikasi.h.19.
Anwar, Pengantar Kewirausahaan Teori Dan Aplikasi.h.5-7.
Ardial. 2018. Fungsi Komunikasi Organisasi. Medan: Lembaga Penelitian Dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Bahri. 2019. Modul Pengantar Kewirausahaan. Pasuruan: CV Qiara Media.
Bonaraja Purba, S. G.2020. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Yayasan Kita Menulis.
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dr. Radi Panuju. 2018. Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia.
Ginting, D. 2017. Komunikasi Cerdas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Husein Umar. 2008. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mufid, Muhamad. 2010. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Prenada Media
Muhammad Anwar.2014. Pengantar Kewirausahaan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada.
Mulyasa E. 2015. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurhadi, D. z. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: Kencana.
Rahmi, S. 2021. Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling. Banda Aceh, Aceh: Syiah Kuala Universinas Press.
Sugiyanto. 2016. Home Business Camp Model Penumbuhan Wirausaha Muda Baru. Yogyakarta: STPMD “APMD”
Suratiningsih, Dwi. s. l. 2020. Strategi Komunikasi Dalam Diplomasi Kemanusiaan. Surabaya: Scopinda.
Surur, Misbahus. a. m. 2020. Agenda Santri. Cilacap: Ihya Media.
Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif . 9-10.
Wijanto, Serian. 2009. Pengantar Entrepreneurship. Jakarta: PT Grasindo
Zulfa, U. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
Zulfa, U. 2019. Teknik Kilat Penyusunan Proposal Skripsi. Cilacap: Ihya Media.
Published
2023-11-22
How to Cite
Nur Sabi’is, & Mochamad Taufiqurrochman Abdul Aziz Zein. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI BIRO PELITBANG DALAM MENINGKATKAN SIKAP ENTREPRENEUR GENERASI MUDA DI PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Hujjah: Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 7(2). Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/hjh/article/view/685
Section
Articles