RESISTENSI MASYARAKAT KEPADA RITEL MODERN ALFAMART DI KECAMATAN ADIPALA

  • Elok Ainur Latif Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Resistensi Masyarakat Kepada Ritel, Ritel Modern Alfamart

Abstract

Usaha bisnis ritel modern di dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan sehingga memberikan dampak persaingan usaha dengan pedagang ritel tradisional. Adanya persaingan usaha ini membawa pengaruh buruk bagi pedagang tradisional. Salah satu akibat dari perkembangan ritel modern terhadap pedagang tradisional adalah menurunnya omset atau penghasilan yang diterima oleh pedagang tradisional. Dengan demikian, beberapa kelompok masyarakat menunjukkan penolakan atau resistensi terhadap keberadaan salah satu ritel modern Alfamart yang berlokasi di Desa Adiraja Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan alasan masyarakat melakukan resistensi kepada ritel modern Alfamart dan bentuk-bentuk resistensi yang telah dilakukan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa resistensi yang terjadi di dalam masyarakat dapat digolongkan menjadi tiga bentuk resistensi, yaitu resistensi tertutup, resistensi semi terbuka, dan resistensi terbuka. Resistensi yang dilakukan oleh masyarakat setempat bertujuan supaya masyarakat sebagai pedagang tradisional tetap mampu bertahan dalam mengembangkan usaha dagangnya di tengah maraknya perkembangan ritel modern.

Author Biography

Elok Ainur Latif, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Dosen

References

Azhar, Ipong. 1999. Radikalisasi petani Masa Orde Baru: Kasus Sengketa Tanah Jenggawah. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.

Basrowi dan Sukidin. 2003. Teori-Teori Perlawanan Dan Kekerasan Kolektif. Surabaya: Percetakan Insan Cendekia.

Serfianto, dkk. 2012. Sukses Bisnis Ritel Modern. Jakarta: PT. Gramedia.

Scott, James C. 1976. Perlawanan Kaum Tani. Diterjemahkan Oleh Budi Kusworo. 1993. Jakarta: Yayasan OborIndonesia.

Published
2022-02-12
Section
Articles