ANALISIS KUALITAS LAYANAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI (UNUGHA) CILACAP MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL
Main Article Content
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu sarana penyedia sumber belajar di pendidikan tinggi. Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap sebagai penyelenggara pendidikan tinggi swasta telah memiliki perpustakaan berbasis online.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan OPAC UNUGHA berdasarkan kepuasan pengguna
Untuk mengetahui kualitas layanan OPAC UNUGHA terhadap kepuasan pengguna digunakan metode Electronic Service Quality (E-Servqual). Metode E-Servqual ini menekankan pada analisis kualitas layanan dari sebuah sistem informasi online. E-Servqual mengukur kualitas layanan berbasis online dengan membandingkan antara persepsi (kenyataan) dengan ekspektasi (harapan) berdasarkan 7 dimensi, yaitu dimensi efficiency (efisiensi), reliability (kehandalan), fulfillment (pemenuhan janji), privacy (privasi), responsiveness (daya tanggap), compensation (kompensasi), dan contact (kontak).
penelitian menghasilkan rekomendasi layanan apa saja yang perlu dipertahankan dan layanan apa yang harus ditingkatkan terhadap kualitas layanan Sistem Informasi Perpustakaan UNUGHA