Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Field Trip pada Materi Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD

Main Article Content

Mustika Junita Ningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video, yaitu Virtual Field Trip, yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang teks narasi dan daya imajinasi mereka pada materi tersebut dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan penilaian ahli, media pembelajaran ini dinilai sangat layak oleh ahli materi (94%), sangat layak oleh ahli media (82%), dan layak oleh ahli bahasa (75%). Selanjutnya, uji lapangan dilakukan di kelas IV A SD Negeri Kebonmanis 01, dengan hasil penilaian guru mencapai 96,1% (sangat layak) dan respon siswa 88,4% (sangat layak). Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media ini juga praktis digunakan, dengan nilai kepraktisan guru 96,1% dan siswa 88,4%, yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa media tersebut layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mustika Junita Ningsih. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Field Trip pada Materi Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 9(1), 37-45. https://doi.org/10.52802/pancar.v9i1.1015
Section
Articles

References

Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 41–49.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Hoerudin, C. W. (2017). Mata Kuliah Umum Pengembangan Karakter: Bahasa Indonesia (hal. 76).
Lestari, A. T., Mudzanatun, & Damayani, A. T. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 214. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225
Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109–115. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25459
Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2001, 158–164.
Purba, Y. O., Fadhilaturrahmi, Purba, J. T., & Siahaan, K. W. A. (2021). Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan. 1–26.
Putri, C. A., Putra, S., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1–11.
Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM?: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, 21(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Suryaningsih, I. (2023). Hasil Wawancara Guru Kelas IV SD Negeri Kebonmanis 01 (hal. 1).