Analisis Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Pembuatan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas Pakai dan Sederhana

  • Mey Prihandani Wulandari
  • Retno Utaminingsih
Keywords: Kreativitas, Alat Peraga, Pembelajaran IPA

Abstract

Kreativitas adalah sebuah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas sangat diperlukan oleh mahasiswa calon guru agar nantinya mereka dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis tingkat kreatifitas mahasiswa sebagai calon guru SD dalam membuat alat peraga IPA dengan memanfaatkan barang bekas pakai dan sederhana. Mahasiswa diwajibkan untuk membuat rincian deskripsi alat peraga berupa alat dan bahan serta cara pembuatannya. Selain itu mahasiswa juga membuat video proses pembuatan alat peraga tersebut yang kemudian diupload melalui google drive atau melalui youtube. Kriteria alat peraga yang dibuat harus bisa dipakai untuk memperagakan atau menunjukkan materi ajar IPA di SD. Hasilnya adalah penggunaan bahan bekas utama botol AMDK ada 3 kelompok (27%), gabus styrofoam ada 3 kelompok (27%), dan kardus ada 2 kelompok (18%), serta sisanya membuat alat peraga menggunakan sedotan plastic, stik es krim, dan papper cup masing-masing 1 kelompok (masing-masing 0,9%). Sedangkan untuk lokasi upload video, Sebagian besar mengunggah di youtube yaitu sebanyak 9 kelompok (82%), dan selebihnya 2 kelompok memilih mengupload di google drive. Rata-rata skor kreativitas mahasiswa PGSD semester 4 dalam membuat alat peraga IPA adalah 2,7 dan masuk dalam kategori sangat kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhir, R. M., & Prihandani, W. M. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1).
Budiarso, A. S., Sutarto, & Rohmatillah, S. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam menjelaskan fenomena IPA di sekitar lingkungan. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 27–32. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21699
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Fazilla, S., & Bukit, N. (2023). Analisis Kreativitas Mahasiswa Calon Guru MI Pada Mata Kuliah IPA Melalui Model Project Based Learning Berbasis TPACK Analysis of MI Student Teacher Candidates ’ Creativity in Science Subjects Using the TPACK-Based Project Based Learning Model. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 353–363.
Mustika, D., Dafit, F., & Sinthya, V. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pembuatan Alat Peraga IPA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. ŚALIĤA, 3(1), 31–48.
Nuroso, H., & Kurniawan, W. (2022). Profil Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Membuat Mainan Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 267–270. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.13190
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097
Ringgo, G., Ayomi, S. C., Ali, A., Ristiani, R., & Kafiar, A. H. (2023). J-Abdimas Cenderawasih Pendampingan Pembuatan Alat Peraga IPA Dari Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Tangwala J-Abdimas Cenderawasih. 1, 57–63. https://doi.org/10.31957/jabdimascenderawasih.v1i2.3384
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Pancar, 3(2), 264–274.
Wulandari, M. P., Azizah, A. N., & Nurlaeli, H. (2019). The Development of Animation Video Based on Scientific literacy as Instructional Media Science for Upper Grade Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(1), 153. https://doi.org/10.20961/shes.v2i1.37640
Published
2024-08-14
How to Cite
Mey Prihandani Wulandari, & Retno Utaminingsih. (2024). Analisis Kreativitas Mahasiswa PGSD dalam Pembuatan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas Pakai dan Sederhana . Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 8(1), 367-372. https://doi.org/10.52802/pancar.v8i1.1087