Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Materi Ide Pokok Paragraf Bahasa Indonesia Kelas IV SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ide pokok paragraf. Kurangnya media interaktif dalam pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias, cepat bosan, dan menurunnya hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Hasil validasi menunjukkan media masuk kategori layak, dengan penilaian dari ahli media 69%, ahli bahasa 75%, dan ahli materi 97%. Uji coba lapangan dilakukan di kelas IV SD Negeri Kuripan Kidul 04. Penilaian dari guru sebesar 93,7% dan dari siswa 92,1%, keduanya dalam kategori sangat layak. Kepraktisan media juga dinilai sangat tinggi. Dengan demikian, media berbasis Canva ini efektif, layak, dan praktis digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustiningsih, A. E., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membaca untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf melalui Model Cooperative Type the Power of Two. 172–178.
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Ananda, R. (2017). Perkembangan Teknologi Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Manajemen Kependidikan Dan Keislaman, 6(1), 69–83.
Andi Putri Kumala Sari, Dian Novian, R. T. (2022). No Title. INVERTED?: Journal of Information Tecnology Education, 2, 14–16. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted/article/download/12794/3857
Anna, H. (2016). 235775-Pembelajaran-Bahasa-Indonesia-Dalam-Kont-Aefa2Fc0. Al-Ta’dib, 9.
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Farihin, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dan Pendukung dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1612–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1550
Fatihah, W., & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan Asam-Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57–61. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.36674