Efektivitas Media Pembelajaran Baamboozle pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD

Main Article Content

Ajeng Ayuning Tyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Baamboozle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi kebutuhan manusia. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Slarang 04 sebanyak 318 siswa, dengan sampel kelas IV yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol dan 24 siswa sebagai kelas eksperimen, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti media Baamboozle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 78,75, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya 63,52. Namun, terdapat faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ajeng Ayuning Tyas. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Baamboozle pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kebutuhan Manusia Kelas IV SD. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 9(1), 28-36. https://doi.org/10.52802/pancar.v9i1.1108
Section
Articles

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Juranal Basicedu, 6(5), 9180–9187.
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Jurnal basicedu. Juranal Basicedu, 7(6), 3397–3405.
Andriyani, I., Feradona, M., & Rizaldi, V. P. (2021). Pemanfaatan Penggunaan Ice-breaking pada Website Baamboozle dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 318–327. https://doi.org/10.1010/PENDAHULUAN
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Adela, A., Farhatunnisa, G., Pingkan, F., & Safitri, R. (2022). Penggunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 12500–12505.
Khoiro, D., Samsiah, A., & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6, 509–520.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1147.
Mariani, S. D., Larasati, D. A., Stiawan, A., & Prasetya, S. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 206–216.
Purnawanto, A. T. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20, 75–94.
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 13, 16–25.
Saud, S., Aeni, N., & Azizah, L. (2022). Leveraging Bamboozles and Quizziz to Engage EFL Students in Online Classes. International Journal of Language Education, 6(2), 169–182.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas iv sekolah dasar muhammadiyah 12 pamulang, banten. HOLISTIKA?: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(September 2018), 111–126.