Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berupa Pop Up Book untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), yaitu metode yang bertujuan menghasilkan produk edukatif sekaligus menguji kelayakannya. Proses pengembangan melibatkan validasi dari beberapa ahli, dengan hasil: ahli materi memberikan penilaian sebesar 89% (sangat layak), ahli media 75% (layak), dan ahli bahasa 100% (sangat layak). Setelah dinyatakan layak, media diuji lebih lanjut melalui uji lapangan di SD Negeri Jangrana. Hasil penilaian dari guru kelas mencapai 97% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian dari peserta didik memperoleh rata-rata 90%, juga dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, media Pop Up Book dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Ajeng Hana Pertiwi. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika benteng pendem cilacap pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Batubara, H. H. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. Media Pembelajaran Efektif, November, 82. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://www.researchgate.net/profile/Hamdan-Batubara/publication/346496336_Model_Penelitian_dan_Pengembangan_Media_Pembelajaran/links/5fc526f3a6fdcc6706c4b06e/Model-Penelitian-dan-Pengembangan-Media-Pemb
Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203
Dian Apriliani, I. G. A., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525
Handayani Parinduri, S., Sukma Sitompul, M., & Khoirul Jannah, P. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(2), 64–72. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1396
Iii, B. A. B., & Pengembangan, A. D. (2013). 4. Tas Bab Iii_10416241027. 39–54.
Jani, I. M. G., Wahjoedi, W. W., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Media Pembelajaran Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 151–155. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43085
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Di Sekolah Dasar Negeri Panjer. 4, 137–142.
Putri Weldami, T., & Yogica, R. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551.
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114–14120. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4675
Rijal ?, A. S. K., & Derta, S. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Menggunakan Aplikasi Augmented Reality di SMKN 1 Tantom Angkola Sumatra Utara. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 198–211. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.190
Saadah, Q. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII MTs. 31–41.
Saefuddin, E., Darmanto, N., & Ul Husna, H. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Di Politeknik Negeri Media Kreatif. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 10(1), 33. https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46482
Sinta, & Harlinda Syofyan. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Ipa Di Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248–265. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18939
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219