Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V

Main Article Content

Endah Agustiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berupa Pop Up Book untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), yaitu metode yang bertujuan menghasilkan produk edukatif sekaligus menguji kelayakannya. Proses pengembangan melibatkan validasi dari beberapa ahli, dengan hasil: ahli materi memberikan penilaian sebesar 89% (sangat layak), ahli media 75% (layak), dan ahli bahasa 100% (sangat layak). Setelah dinyatakan layak, media diuji lebih lanjut melalui uji lapangan di SD Negeri Jangrana. Hasil penilaian dari guru kelas mencapai 97% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian dari peserta didik memperoleh rata-rata 90%, juga dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, media Pop Up Book dinyatakan efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran IPAS di kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustiyani, E. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 9(1), 1-6. https://doi.org/10.52802/pancar.v9i1.1198
Section
Articles

References

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Ajeng Hana Pertiwi. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis etnomatematika benteng pendem cilacap pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV SD. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Batubara, H. H. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. Media Pembelajaran Efektif, November, 82. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://www.researchgate.net/profile/Hamdan-Batubara/publication/346496336_Model_Penelitian_dan_Pengembangan_Media_Pembelajaran/links/5fc526f3a6fdcc6706c4b06e/Model-Penelitian-dan-Pengembangan-Media-Pemb
Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203
Dian Apriliani, I. G. A., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525
Handayani Parinduri, S., Sukma Sitompul, M., & Khoirul Jannah, P. (2022). Manfaat Media Pembelajaran Edrawmind untuk Melatih Kreativitas Mahasiswa Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(2), 64–72. https://doi.org/10.58466/intern.v1i2.1396
Iii, B. A. B., & Pengembangan, A. D. (2013). 4. Tas Bab Iii_10416241027. 39–54.
Jani, I. M. G., Wahjoedi, W. W., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Media Pembelajaran Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 151–155. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43085
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Di Sekolah Dasar Negeri Panjer. 4, 137–142.
Putri Weldami, T., & Yogica, R. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551.
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114–14120. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4675
Rijal ?, A. S. K., & Derta, S. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Menggunakan Aplikasi Augmented Reality di SMKN 1 Tantom Angkola Sumatra Utara. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 198–211. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.190
Saadah, Q. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dengan Menggunakan Adobe Animate CC Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas VII MTs. 31–41.
Saefuddin, E., Darmanto, N., & Ul Husna, H. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Di Politeknik Negeri Media Kreatif. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 10(1), 33. https://doi.org/10.24114/jtikp.v10i1.46482
Sinta, & Harlinda Syofyan. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Ipa Di Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248–265. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18939
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219