Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI

  • Avy Anggraeni Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap
Keywords: pendekataan saintifik, Pengembangan Media Pembelajaran, powerpoint interaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan penelitian dan mengetahui kualitas kelayakan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VI materi Pemanfaatan Kondisi Geografis di Asia Tenggara yang terdapat pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi dari model pengembangan Brog & Gall yang meliputi 10 langkah pengembangan yakni penelitian & pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk pendahuluan, uji coba lapangan awal, revisi terhadap produk awal, uji coba utama didasaran pada hasil uji coba pendahuluan, revisi produk operasional, uji coba perasional, revisi produk akhir, serta diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase 77,08% dengan kriteria sangat layak digunakan, ahli media mendapatkan rata-rata persentase 75% dengan kriteria layak digunakan, ahli bahasa mendapatkan rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat layak digunakan. Penilaian kelayakan produk oleh guru mendapatkan rata-rata persentase 98,44% dengan kriteria sangat layak digunakan, dan siswa mendapatkan rata-rata persentase 94,83% dengan kriteria sangat layak digunakan. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah 88,07% menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif melalui pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VI yang dikembangkan peneliti layak digunakan sebagai alat bantu atau media pembelajaran bagi guru dalam mengajar materi tersebut berdasarkan hasil validasi ahli serta penilaian kelayakan produk oleh guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanaturrakhmah, I., & Fauzan, A. (2019). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Subtema Keseimbangan Ekosistem. Magistra, 10(2), 113-129.

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita. Diakses dari http://repository.uinsu.ac.id.

Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria, 6(1), 143-158.

Anshori, S. (2016). Pemahaman Konsep Jual Beli dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar melalui Metode Role Playing. Jurnal Ilmiah PGSD, IX(1), 58-69.

Anyan, Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interkatif Berbasis Microsoft Power Point. Jutech, 1(1), 14-20.

Azmi, S. N., Hajidin, & Safiah, I. (2017). Penggunaan Media IT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Barang dan Jasa di Kelas IV pada SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 133-142.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi, IX(1), 37-50.

Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif. Cyberspace, 1(2), 111-121.

Dewi, N. L., & Manuaba, I. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siwa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76-83.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica, 4(2), 129-150.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31-41.

Mayori, E., & Taufik, T. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II Sekolah Dasar (Studi Literatur). e-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 201-213.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 43-48.

Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nofiaturrahmah, F. (2015). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk MI yang Menyenangkan. Elementary, 3(2), 217-235.

Poerwanti, J. I., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 265-271.

Priagung, J. (2020). Pengembangan Media Animasi Peta Budaya Indonesia Tema 1 Indahnya Kebersamaan untuk Kelas 4 SD. Cilacap: Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

Raharjo, S. (2021, Februari 19). Cara Melakukan Uji Validitas dan Reliabilitas Product Moment dengan SPSS. Retrieved from www.spss.indonesia.com: http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product.momentspss.html?m=1

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna, 2(1), 67-78.

Suarno, D. T., & Sukirno. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS dengan Tema Pemanfaatan dan Pelestarian Sungai untuk Siswa Kelas VII SMP. Harmoni Sosial, 2(2), 115-125.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warkintin, & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.

Published
2021-11-30
How to Cite
Avy Anggraeni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 5(2), 145-153. https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2.123
Section
Articles