Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv

  • Rika Fathul Barkah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nabila Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Widia Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Andes Universitas Buana Perjuangan Karawang http://orcid.org/0000-0002-6961-5084
Keywords: Aproksimasi, Matematika, Media, RME

Abstract

Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu model pembelajaran dengan menghubungkan pada sesuatu yang nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi siswa kelas IV SDN Karangtanjung II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel 5 orang siswa. Data yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Dari analisis data diketahui bahwa terdapat hasil yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa pada materi aproksimasi di kelas IV SDN Karangtanjung II. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis Wilcoxon menggunakan aplikasi SPSS Statistics 26 didapatkan hasil asympt sig (2-tailed) sebesar 0.043 < 0,05, sehingga Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika pada materi aproksimasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, A. S., Waluya, S. B. & R. (2017). (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematik. Scholaria, 7(02), 135–142.

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1–10.

Nazifah. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I SDN 07 SUNGAI SOGA BENGKAYANG. Junal Pendidikan Dan Pembelajaaran, 2(3).

Putri, N., Suparman, T., & Asmara, A. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1259(X).

Rahayu, T. (2010). Pendekatan RME Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Penaruban 1 Purbalingga. Yogyakarta: UNY.

Sadiman, Arief. 2002. Media Pen-didikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiartha, P. G. O. (2021). Penerapan Realistik Mathemtatic Education (RME) Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatka Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi, 7(15), 1–7.

Published
2022-05-01
How to Cite
Fathul Barkah, R., Nabila Framesti Anita Yulianingsih, Widia Ananda, & Asmara, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 206-210. https://doi.org/10.52802/pancar.v6i1.331