Efektivitas Pengunaan Media Pembelajaran Aplikasi KAMI CINTA IPA berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA

  • Andri Setiawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, KAMI CINTA IPA

Abstract

Media pembelajaran adalah sarana penyampaian pesan pembelajaran kaitannya dengan model pembelajaran langsung yaitu dengan cara guru berperan sebagai penyampai informasi  sebagaimana guru menggunakan berbagai media yang sesuai untuk alat bantu proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kefektivitasan penggunaan media pembelajaran dengan berbasis aplikasi android dalam mata pelajaran IPA materi tata surya di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Ar-Rahmah yang berjumlah 33 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara  yang dilakukan secara langsung dan observasi partisipan digunakan dalam penelitian ini, dimana peneliti terlibat langsung dengan objek yang diamati, tetapi hanya sebagai pengamat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa gambaran secara umum effektivitas penggunaan media pembelajaran KAMI CINTA IPA ini di terapkan pada mata pelajaran IPA materi tata surya dapat dikatakan efektif,hal ini terlihat dari hasil analisis deskriptif tentang pengguaan aplikasi KAMI CINTA IPA pada jawaban presentasi responden yang menjawab Sangat Setuju sebanyak 59%  tentang penggunaan aplikasi media KAMI CINTA IPA  efektif. Adapun fakotr penghambat dari aplikasi KAMI CINTA  IPA ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang terlah dilakukan oleh peneliti kepada responden, yakni masih ada murid yang belum memiliki Handphone serta terkendala dari koneksi internet yang tidak baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Aghni Ilyasa Rizqi. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi Functions And Types Of Learning Media In Accounting Learning. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. XVI (Issue 1).

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. 2(1), 586–595

Dewi Ratna Erni. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. 2, 44–52

Sugiyono.(2017).MetodePenelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono.(2018).MetodePenelitian Kuantitatif,Kualitatif,danR&D.Alfabeta.

Dwika Hidayati, I. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–257. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Suhartiningsih, T., Sugiyono, & Endang, U. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

Published
2024-11-07
How to Cite
Andri Setiawan. (2024). Efektivitas Pengunaan Media Pembelajaran Aplikasi KAMI CINTA IPA berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 8(1), 373-377. https://doi.org/10.52802/pancar.v8i1.348