Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Wancimekar 1. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 37,69 dan kelas kontrol sebesar 39,04. Setelah diberikan perlakuan dan melakukan posttest bahwa hasil akhir kelas eksperimen sebesar 90,77 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 82,50. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji Independent T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Exampel Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Wancimekar 1 Kotabaru.
Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar, IPA
Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that the use of the Example Non Example method affects the science learning outcomes of fourth grade students at SDN Wancimekar 1. Based on the results of research and data analysis, the average pretest of the experimental class is 37,69 and the control class is 39,04. After being given treatment and doing a posttest, the final result of the experimental class was 90,77 which was higher than the control class 82,50. Calculation of the hypothesis using the Independent T-Test obtained a significance value (2-tailed) 0.000 < = 0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. This proves that the use of the Non Example Example method has an effect on the science learning outcomes of fourth grade students at SDN Wancimekar 1 Kotabaru.
Keywords: Example Non Example, Learning Outcomes, Science
Downloads
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto, St. Maryam M, Zaid Zainal. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Barru. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 1(3).
Maunah, F. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Nusa Indah Kabupaten Demak. Skripsi.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Megawati, Arda. 2017. Penerapan Metode Example Non Example Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 MTSN Bintuhan. al-Bahtsu: Vol. 2, No. 1, Juni 2017.
Saragih, Mery Chris dan Situmorang, Idawati. 2022. Penerapan Model Example Non Example pada Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Swasta Methodist Pematangsiantar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), DOI: 10.47709/jbsi.v2i01.1497
Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20
Yuliana, F. E. 2016. Keefektifan Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Lingkungan Fisik Siswa Kelas Iv Sdn Gugus Plangkawati. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.