PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap minat belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre eksperimental design yang digunakan adalah One Group Pretest - Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini dalah seluruh siswa SDN Warung Bambu II yang berjumlah 150 orang. Dengan mengambil sampel 18% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar IPA pada mata pelajaran IPA dengan empat indikator minat belajar IPA yaitu, perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan siswa, dan perhatian siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adanya model pembelajaran berbasis proyek sebagai model pembelajaran terhadap minat belajar siswa IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikasi 0.000 < É‘ = 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap minat belajar IPA siswa di sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Sekolah Pascasarjana . Universitas Pendidikan Indonesia.
Ni Ketut Suarni. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Minat dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Vol 4, Tahun 2014.
Soyomukti, N. (2015). Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)liberal Marxis- sosialis, Postmodern. Jogjakarta : Ar Ruzz Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.