Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL dikombinasi dengan GI di SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan mendeskripsikan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran model PBL dikombinasi dengan model GI. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Sungai Jinggah 1 Banjarmasin Utara yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis prosentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru memperoleh skor 94% sangat baik. aktivitas siswa sudah 100% aktif dan sangat aktif serta hasil belajar 100% tuntas baik secara individu maupun klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Model PBL, dan GI.
Downloads
References
Arikunto, S. d. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Dahliana, & Sutiyarso. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penyajian Data Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dikombinasikan dengan Model Pair Check dan Make A Match pada Siswa Kelas V SDN Mawar 8 Banjarmasin. UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hasanah, R., & Suriansyah, A. (2019). Relationship of School Culture and Work Motivation With Organizational Citizenship Behaviour (Ocb) Teacher of Muhammadiyah Vocational School in Banjarmasin, Indonesia. European Journal of Alternative Education Studies, 58–67. https://doi.org/10.5281/zenodo.2587589
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanngan Profesi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, 33–47. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/322467159_Pengaruh_Problem_Based_Learning_Dipadu_Strategi_Numbered_Heads_Together/links/5a59fb4f0f7e9b5fb38553cc/Pengaruh-Problem-Based-Learning-Dipadu-Strategi-Numbered-Heads-Together.pdf
Lusi, S. S., & Nggili, R. A. (2013). Asyiknya Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dengan Pendekatan Ilmiah untuk Melakukan Transformasi Pembelajaran. Andi Offset.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Rosdakarya.
Priansa, D. (2015). Manajemen Pesarta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis SAINS. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sukma, A. (2016). Penggunaan Model Match and Match, Problem Base Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematikapada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Kabawetan.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, GURU, ORANG TUA, DAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA. Cakrawala Pendidikan, 234–247. https://media.neliti.com/media/publications/87061-ID-strategi-kepemimpinan-kepala-sekolah-gur.pdf
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN. Raja Grafindo. http://eprints.ulm.ac.id/870/1/Buku Referensi 5.pdf
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. KENCANA PRENADAMEDIA GROUP. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0qRPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Susanto,+A.+(2015+).+Perkembangan+Anak+Usia+Dini+.+Pengantar+Dalam+.&ots=exxVtOOwjh&sig=8B1xEmzMDlU6Mue6amtbJ0jjN3w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suprijono. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Norhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, A. (2015). Tori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.