Analisis Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Pascapandemi Covid-19

  • Apri Kartikasari Universitas PGRI Madiun
  • Dewi Tryanasari Universitas PGRI Madiun
  • Septi Aprilia ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Binti Isticomah Universitas PGRI Madiun
Keywords: covid-19, tematik, pembelajaran, Kemampuan, berbicara

Abstract

Keterampilan berbicara siswa memiliki peran yang sangat penting, baik sebagai sarana berkomunikasi formal di kelas dengan guru, maupun berinteraksi secara sosial dengan teman sebaya pada saat diskusi dan tanya jawab. Hanya saja, pandemi Covid-19 yang mengondisikan siswa untuk belajar dari rumah selama dua tahun membuat kemampuan berbicara para siswa perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran tematik dan faktor penyebab kesulitan keterampilan berbicara siswa kelas II di SD Negeri 02 Tawangrejo Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian tersebut di antaranya: 1) keterampilan berbicara siswa masuk dalam kategori rendah, 2) faktor penyebab kesulitan keterampilan berbicara disebabkan oleh tiga aspek yaitu, lingkungan, media yang digunakan, serta psikologis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amdany, P., Sularmi, S., & Sriyanto, M. I. (2018). Learning Motivation of Slow Learner in Elementary School. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 613–618. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23506
Andria, W. (2020). Pahami Tonggak Perkembangan Bahasa Anak SD. https://www.orami.co.id/magazine/perkembangan-bahasa-anak-sd/
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak.
Assingkily, M. S. (2019). Desain Pembelajaran Tematik Integratif Jenjang MI / SD (Dari Konvensional Menuju Kontekstual yang Fungsional) (Istiningsih (ed.)). K-Media.
Budiarti, M., & Prasasti, P. A. T. (2016). Perkembangan Peserta Didik (E. Riyanto (ed.); 1st ed.). CV. AE Media Grafika.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Karli, H. (2010). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. Eduhumaniora, 2(1). https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI (pertama). kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=bBwREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=hakikat+pembelajaran+tematik&ots=XhiU5dt3Su&sig=intXWL36wWIXOcjNUdJVRGkXXQE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (SEMIBA), 306–319.
Nurfadhillah, S., Alia, F., Setyadi, A. R., Damiyah, S. R. Al, Leornadho, R., Berliana, N., Gunawan, A. N., & Safitri, T. (2021). Analisis Faktor Penyebab Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Di Sd Negeri Jelambar 01 Jakarta Barat. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 408–415. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (pertama). kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=jeCxDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pembelajaran+tematik+terpadu&ots=KUxlrFqzln&sig=UR7sU6Do5-zP5uU-6MU0JpIE8G8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN 04 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara (Monalisa (ed.); 1st ed.). PT
Time, K., Arends, T., & Sekolah, D. I. (2014). Peningkatan kemampuan berbicara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif time token arends di sekolah dasar. Pendidikan, 1–11.
Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya) by Sri Wahyuningsih (z-lib.org).pdf (pp. 1–119). UTM PRESS.
Published
2023-11-02
How to Cite
Kartikasari, A., Dewi Tryanasari, Septi Aprilia, & Binti Isticomah. (2023). Analisis Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Pascapandemi Covid-19. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(2), 303-313. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i2.531