Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V SD
Pengembangan Media
Abstract
Lulu Zaidah Rizkiyah. 18862061010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap, Mei 2023. Rendahnya konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas, siswa sulit memahami materi yang diajarkan tanpa media, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran..Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Reseach and Development) dengan model penelitian ADDIE. Penelitian ini menggunaka langkah-langkah sebagai berikut: Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukan: 1) pengembangan media berbasis video animasi pada materi sistem pencernaan di kelas V SD memperoleh penilaian dari ahli media sebesar 75% dengan kriteria layak, ahli materi sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa 87,5% dengan kriteria sangat layak. Presentase penilaian pada uji satu-satu memperoleh nilai 87,5%, dengan kriteria sangat layak, uji kelompok kecil memperoleh nilai 85% dengan kriteria sangat layak, dan uji lapangan memperoleh nilai 97,5% dengan kriteria sangat layak. 2) pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V SD efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan hasil perhitungan melalui uji t nilai signifikan 2 tailed < 0,05 (0,00 < 0,05).
Kata kunci: Media, ADDIE, Video animasi
Downloads
References
Copyright (c) 2023 Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.