Pengembangan Multimedia Kubaki Terintegrasi Wisata Pesisir Jepara Tema 8 Subtema 1 Kelas 5
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu (1)mengetahui kevalidan multimedia Kubaki ditinjau dari para ahli, (2) mengetahui keefektifan multimedia Kubaki ditinjau dari hasil lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar, (3) mengetahui kemenarikan multimedia ditinjau dari hasil angket respon siswa di SDN 09 Jambu. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengmpulan data wawancara, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, perolehan rata-rata persentase kevalidan dari validasi para ahli adalah 89,9% yang termasuk dalam katagori sangat valid. Keefektifan diperoleh dari aktivitas guru 95,53% dan aktivitas siswa 96,50% yang masuk dalam katagori sangat aktif, serta ketuntasan klasikal 100%. Produk termasuk dalam katagori menarik berdasarkan persentase angket respon siswa sebesar 97,60%. Kesimpulan yaitu Multimedia Kubaki valid, efektif, dan menarik digunakan dalam pembelajaran pada kelas V di SDN 09 Jambu.
Downloads
References
Angko, N & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan. Vol. 1 No. 1, Hal. 1-15.
Anggraini dkk. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5 No. 5, Hal. 3010-3019.
Aziz, N. dkk. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika. Vol. 4 No. 3, Hal. 1-5.
Budiastuti, P. dkk. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 5 No. 1, Hal. 39-48.
Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.
Ekosafitri, K. H dkk . (2017). Pengembangan Wilayah Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah Berdasarkan Infrastruktur Daerah: Studi Kasus Kabupaten Jepara. Journal of Regional and Rural Development Planning. Vol. 1 No. 2, Hal. 145-157.
Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Androit. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. Vol. 7 No. 2, Hal. 27-34.
Fahruji, A. N dkk . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Pembelajaran IPA Tentang Siklus Air Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 6 No. 1, Hal. 35-43.
Fahhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. Vol. 11 No. 1, Hal. 85-99.
Hartanti, T. (2015). Teks Non fiski. Modul Ajar. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung.
Hakimah, E. N. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi, Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Makanan Khas Daerah Kediri Tahu Merek “POO” pada Pengunung Toko Pusat Oleh-oleh Kota Kediri. Jurnal Nusamba. Vol1 No. 1, Hal. 13-21.
Hanafri, M. I dkk. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global. Vol. 7 No. 2, Hal. 38-44.
Hidah, A. P. A & Yoyok, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Si Siska Berbasis Android pada materi Siklus Air dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 9 No. 10, Hal. 3421-3430.
Hutama. F. S. (2016). Pengembanagn Bahan Ajar IPS berbasis Nilai Budaya Using untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5 No. 2, Hal. 113-124.
Ilmiani, A. M dkk. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 8 No. 1, Hal, 17-32.
Jamaludin, R. (2005). Multimedia dalam Pendidikan. Kuala Lumpur: PRIN-AD SDN. BHD.
Januarisman, E. & Anik, G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol 3 No.2, Hal. 166-182.
Kurniasari dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajara Missouri Mathematich Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Alajabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran. Vol. 4 No. 2, Hal. 153-162.
Kusumawati dkk. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 9 No. 1, Hal. 31-51.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Nasional. Vol. 7 No. 1, Hal. 99-112.
Mulyatiningsih. E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nafiah. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik Integratif Sesuai Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sd Khadijah Surabaya. Vol. 2 No. 1, Hal. 60–73.
Novtiana, I. (2021). Siklus Air dan Dampaknya bagi Kehidupan. Bahan Ajar Elektronik Flipboook Berbasis Literasi Sains. Unnes: Semarang.
Pakpahan dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pane, A. & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajar. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 3 No. 2, Hal. 335-352.
Prayitno & Anggi, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan “Siklus Air” untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember: Jember.
Priscilla, C. & Deddy, Y. Y. Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Jurnal pendidikan. Vol. 2 No. 1, Hal. 64-76.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.