Analisis Kendala dan Solusi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo

  • Feby Eka Listiani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kurikulum Merdeka, Madrasah Ibtidaiyah, Kendala, Solusi, Pembelajaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo dan menyajikan solusi yang dapat membantu mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi kendala dan merumuskan solusi. Artikel ini menjelaskan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo baru menerapkan Kurikulum Merdeka di satu kelas, yaitu kelas 4. Pembelajaran dalam kelas tersebut telah mengalami perubahan dari pendekatan guru sebagai pusat pembelajaran menjadi siswa sebagai pusat pembelajaran. Meskipun sudah ada kemajuan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya, kesulitan dalam penilaian formatif, perlu pengembangan kurikulum sendiri, tantangan dalam keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta resistensi terhadap perubahan budaya pembelajaran. Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo menunjukkan potensi positif, tetapi juga menghadapi beberapa kendala. Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang diajukan meliputi pengoptimalan sumber daya yang ada, pelatihan guru dalam penilaian formatif, panduan yang jelas dalam pengembangan kurikulum, keterlibatan orang tua dan masyarakat yang lebih aktif, serta sosialisasi yang efektif tentang manfaat Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64934
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37–46. https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.428
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), Article 4.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Latifah, N., Mulyati, S., & Siwi, D. A. (2023). Analisis Penerapan Literasi Membaca Dan Numerik Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kragilan 01 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3296
Minarti, I. B., Dewi, L. R., & Kasanah, E. (2023). ANALISIS PENERAPAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI KABUPATEN BREBES. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18469
Mursyid, A., Ahmad, C. F., Dewi, A. K., & Tianti, A. Y. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Purwakarta. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.566
Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.56013/fj.v3i1.2010
Nurazizah, W. E., & Rochintaniawati, D. (2023). Analisis Persepsi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Biologi pada Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), Article 16. https://doi.org/10.5281/zenodo.8265051
Qomaruddin, F. (2022). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NASYI’IN SIDOARJO. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 6(2), Article 2.
Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 29–43.
Tandiarrang, K. L., Sihotang, H., & Gracia, L. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SDN 9 Makale Selatan Tana Toraja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1421
Yuniar, R. H., & Umami, N. R. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA SMP NEGERI 1 REJOTANGAN. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), Article 8. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.730
Published
2023-11-02
How to Cite
Feby Eka Listiani. (2023). Analisis Kendala dan Solusi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(2), 314-325. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i2.640