Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Jati 02 Binangun
Main Article Content
Abstract
Proses pendidikan di Indonesia pada abad ke-21 ini mengalami pergeseran sesuai perkembangan zaman. Pembelajaran menggunakan metode konvensional dianggap monoton dan tidak bervariasi sehingga siswa tidak bersemangat dan hasil belajar di bawah KKTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Jati 02 Binangun. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jati 02 Binangun sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Jati 01 Binangun sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berbantu microsoft exel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan quizizz pada pembelajaran IPAS memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode paper test hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis independet sample t test diperoleh thitung = 7,079 > ttabel = 2,021 yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam hasil posttest serta uji n-gain score didapatkan nilai rata-rata (mean) n-gain score untuk kelas eksperimen = 73,03 termasuk dalam kategori tinggi dengan interpretasi cukup efektif. Penggunaan media pembelajaran quizizz pada pembelajaran IPAS mendapatkan respon yang baik dari siswa beradasarkan hasil angket yang sudah dibagikan setelah pembelajaran dengan hasil analisis derajat pencapaian sebesar 86% yang termasuk dalam kategori baik.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Dewi, L. U. (2020). Pengaruh Quizizz Sebagai Media Penilaian Formatif Berbasis Web 2.0 Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Universitas Islam Syarif Hidayatullah.
Fitria, Y. (2021). Pembelajaran yang melejitkan kecakapan abad 21 untuk level pendidikan dasar di era 5.0, (November), 367–387.
Musbihin. (2022). Pengaruh Minat pada Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Melalui Media Quizizz dan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3, 61–67.
Herdini. (2016). The Implementation The Learning Cell Type of Cooperative Learning Model to Improve The Student Achievement The Suvject Chemical Bond in Class X MIPA SMAN 5 Pekanbaru, 1–10.
Ramadhani, E. F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Game Interaktif Quizizz Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Bilangan Bulat di Kelas V SDN Kumbung II, 99–104.
Anang. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Aplikasi Quizizz Terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, VII, 659–672.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widayanti. (2021). Pengaruh Media Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V, 7(3), 810–817. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1253
Yenni, R. F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik dengan Pembelajaran CIRC berbantuan quizizz, 7(2), 49–55.
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37