PROFESIONALITAS GURU AKIDAH AKHKLAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI MA MAARIF 09 KOTAGAJAH
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan profesionalisme guru aqidah akhlak dalam membangun karakter siswa di MA Maarif 09 Kotagajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Studi ini menyoroti temuan penting terkait kurangnya pemahaman terhadap materi, persiapan mengajar yang kurang memadai, keterbatasan keterampilan manajemen kelas, evaluasi yang tidak memadai, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif dan interaktif. Guru menggunakan cerita, diskusi, tanya jawab, dan ceramah untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada siswa tentang iman dan moral. Namun, fokus pada metode ceramah mungkin tidak cukup efektif. Penting bagi guru untuk menerapkan metode yang menginspirasi pemahaman siswa, mendorong diskusi, dan memfasilitasi keterlibatan siswa. Langkah-langkah perbaikan termasuk pelatihan dan pengembangan guru, evaluasi yang rutin, pembinaan siswa, dan peningkatan komunikasi dengan orangtua. Langkah-langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan menciptakan lingkungan yang lebih baik yang lebih mendukung perkembangan karakter siswa.
Downloads
References
Agus Dudung. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 5.
Ana Widyastuti,M.Pd,Kons. (t.t.). 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya (Julia Suzana, Ed.). PT Elex Media Komputindo PT Gramedia.
Bramasta, A. D., & Hariyati, N. (2021). PERANAN PROFESIONALITAS GURU DAN KELAYAKAN SARANA PRASARANA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. 09.
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4.
Dokumentasi Pembelajaran dalam kelas. (2023).
Dokumentasi Wawancara Dengan Siswa MA Maarif 09 Kotagajah. (2023).
Hamid, A. (2020). PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), Article 1.
Hanifuddin Jamin. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. AT-TA"DIB (Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam), 10.
Ida Bagus Gde Pujaastawa. (t.t.). TEKHNIK WAWANCARA DAN OBSERVASI UNTUK PENGUMPULAN BAHAN INFORMASI. Penelitian Kebudayaan dan Kepariwisaaan Universitas Udayana.
Imami Nur Rachmawati. (t.t.). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF : WAWANCARA. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11, 3540.
Isti Fatonah, Rafiud Ilmudilulloh, Alvin Firman Fauzan, Maulinda Amalia Hafifah, & Nurlia Puji Utami. (2023). Optimalisasi Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Kota Metro. Riayah Jurnal Sosial dan Keagamaan, 8.
Kasni, K. (2023). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Mengajar Melalui Membangun Komitmen Bersama dan Apresiasi SMP Negeri 2 Muntok. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4473
Kusumaningtyas, F. (t.t.). KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SEMBUNG, WEDI, KLATEN.
Mahmuddin, M. (2021). PENINGKATAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR MENERAPKAN SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DI SEKOLAH. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(2), 216. https://doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.216-224
Mathias Gemnafle & John Rafafy Batlolona. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 1.
Miftahul Jannah. (t.t.). LANDASAN PENDIDIKAN.
Muh. Zein. (2016). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN. 5.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (t.t.). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik.
Observasi Pada 9 November 2023. (2023).
Observasi pada tanggal 10 November 2023. (2023).
Prof Dr. H. Djaali & Dr. Puji Muljono. (t.t.). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.
Rahman, B. (2014). REFLEKSI DIRI DAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU.
Rosdiana, R. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Melaksanakan Tugas Melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. TABULARASA, 15(1), 95. https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10409
Siswa. (2023, November 9). Hasil wawancara pada siswa [Komunikasi pribadi].
Siswa. (2023a, November 10). Hasil Wawancara Pada Siswa [Komunikasi pribadi].
Siswa. (2023b, November 10). Profesionalitas Guru di Kelas [Komunikasi pribadi].
Sitti Roskina Mas. (208M). PROFESIONALITAS GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Inovasi, 5.
Susiba, S. (2020). Metode Pembelajaran Akidah Akhlak MI/SD. el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 3(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i1.9004
Wahyudin Darmalaksana. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan.
Yantrie, Y. (2022). MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT: Improving Teacher Discipline In Teaching Attendance In Class Through The Implementation Of Reward And Punishment. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 5360. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.4096