ANALISIS KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP IPK MAHASISWA PAUD INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PAREPARE
Abstract
Penting untuk memahami bahwa IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) merupakan indikator utama dalam mengevaluasi prestasi akademik mahasiswa. Dalam konteks mahasiswa PAUD, keterlibatan dalam kegiatan organisasi bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pencapaian IPK mereka atau malah sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 8 informan yang telah dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Parepare Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berpartisipasi dalam organisasi mahasiswa mempunyai dampak positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. IPK mahasiswa setelah bergabung dengan organisasi menunjukkan peningkatan nilai. Selain itu, partisipasi aktif dalam organisasi juga meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan kepedulian, serta membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam kelas, yang menunjukkan bahwa partisipasi dalam organisasi mempengaruhi perilaku dan kemampuan siswa secara signifikan.
Downloads
References
Arba, Y., & Haq, S. (2020). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Mahasiswa Intra Kampus Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FIP Unesa. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(1), 111. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/download/32839/29584
Barr, F. D., & Harta, I. (2016). Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Analisis Manajemen Waktu Organisasi dan Kuliah Aktivis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2009, 280286.
Elisya, D. W. P., & Jatiningsih, O. (2022). Strategi Pengembangan Jiwa Kepemimpinan Anak di Panti Asuhan Muslimat NU Darul Muhsinin Ponorogo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 237255. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p237-255
Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 449457. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p449-457
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2), 91103. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Patunru, S., Jaman, A., & Madani, M. (2020). Analisis Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar. Competitiveness, 9(2), 151163.
Pradayu, M. (2022). Pengaruh Aktivitas Organisasi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pengurus BEM Universitas Riau Kabinet Inspirasi Periode). Jom Fisip, 4(2), 113. https://media.neliti.com/media/publications/183768-ID-partisipasi-masyarakat-dalam-pelaksanaan.pdf
Ramadhan, B., Faridah, & Ardiansyah, M. (2020). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jurnal UNM, 113.
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Setyaningrum, D. F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(2), 2640.
St. Syamsudduha, Nursahwal, Juhrika Wulan Syah, & Duriska. (2022). Pengaruh Keaktifan Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(01), 2737. https://doi.org/10.24252/edu.v2i01.30013
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Metode Penelitian. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 8390.