KOLABORASI ANTAR KOMUNITAS SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MEMUDAHKAN AKSESIBILITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
SD Pengebatan Karanglewas memiliki peserta didik yang beragam. Untuk menunjang kesempatan belajar yang sama, SD Pangebatan melakukan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam berbagai bentuk kegiatan dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk kegiatan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SD Pangebatan Karanglewas, dan (2) faktor yang mempengaruhi SD Karanglewas dalam mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pola penelitian lapangan dan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, pendidik, dan pihak lain di SD Pangebatan Karanglewas yang terbagi dalam kategori informan kunci, utama, dan pendukung. Data tersebut kemudian dianalisis melalui proses interaktif dan diuji validitasnya dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran diferensiasi, dalam rangka peningkatan aksesibilitas dan kesetaraan dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus telah berjalan dengan baik. (1) Pengimplementasian model pembelajaran berdiferensiasi di SD Pangebatan Karanglewas dilakukan dalam 3 sesi, meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. (2) Proses implementasi yang telah dilakukan SD Pangebatan Karanglewas tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi meliputi faktor orang tua, lingkungan, dan pendidik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, cet. XIV. Jakarta: Rineka Cipta.
Baihaqi, B. (2023). Neraca.co.id. Retrieved from https://www/neraca.co.id/article/190568/146-madrasah-telah-ramah-ke-penyandang-disabilitas.
Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineksa Cipta.
Damaianti, S. &. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dinata, S. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Henri Kristiani, dkk. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (diferentiated instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar si SMPN 20 Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Huberman, M. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Ike Junita, dkk. (Juni 2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, 102.
Ishartiwi. (2023). Fungsi Unit Layanan Disabilitas dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus 19, no.1, 8.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Gambaran Sekolah Inklusif di Indonesia (Tinjauan Sekolah Menengah Pertama). Jakarta: Pusat Data dan Statistika Pendidikan dan Kebudayaan.
Komariah, D. S. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet II. Bandung: Alfabeta.
Laha, B. A. (2020). Penerapan Studi Lapangan dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Masalah (Studi Kasus pada Mahasiswa Sosiologi IISIP Yapis Biak). Jurnal Nalar Pendidikan, vol.8, 64.
Nugroho, A. F. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif, cet.I. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahman dkk. (2023). Prinsip, Implementasi, dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, no.9, 1078.
Saebani, B. A. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2006). Metodologi Penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press.
Sutinah, B. S. (2005). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana.
Yulia Anjarwati Purbasari, W. H. (2022). Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 7, no. 1, 50.