EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN

  • Eli Fitrotul Arofah
Keywords: Kurikulum, Evaluasi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas terkait evaluasi kurikulum mulai dari definisi evaluasi kurikulum, manfaat dilakukannya evaluasi kurikulum, fungsi evaluasi kurikulum, model evaluasi kurikulum dan kode etik evaluator dalam bidang pendidikan. Pembahasan pada artikel ini lebih banyak dipengaruhi oleh ahli bidang evaluasi kurikulum, sehingga pendapat atau hasil pemikiran tokoh menjadi rujukan penting dalam mengkaji pembahasan.

Pada kesimpulan pembahasan ini, penulis mendapatkan hasil bahwasannya Evaluasi kurikulum merupakan usaha sistematis yang dilakukan untuk memperbaiki kurikulum yang masih dalam tahap pengembangan maupun kurikulum yang telah dilaksanakan agar menjadi lebih siap di masa yang akan datang, Evaluasi kurikulum bermanfaat bagi semua pihak termasuk guru, Pemangku kepentingan pendidikan, orang tua serta masyarakat, Evaluasi kurikulum memiliki fungsi formatif dan fungsi sumatif yang akhirnya berdampak pada kegiatan edukatif, instruksional, diagnosis, dan administrasi., Model evaluasi kurikulum, diantaranya adalah Model CIPP (Context, Input, Process dan Product), Kode etik evaluator diantaranya (Systematic Inquiry: Evaluators conduct systematic, databased inquiries about whatever is being evaluated; Competence: Evaluators provide competent performance to stakeholders; Integrity/ Honesty: Evaluators ensure the honesty and integrity of the entire evaluation process; Respect for People: Evaluators respect the security, dignity and self-worth of the respondents, program participants, clients, and other stakeholders with whom they interact; Responsibilities for General and Public Welfare: Evaluators articulate and take into account the diversity of interests and values that may be related to the general and public welfare).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albanese, M. Problem based learning: why curricula are likely to show little effect on knowledge and clinical skills. Medical Education

Amin, Z.E., Eng, K.H., (2003). Basics in Medical Education, World Scientific,Singapore.

Dolman, D.(2003). The effectiveness of PBL: the debate continous. Some concerns about the BEME movement. Medical Education

Farrow, R. The effectiveness of PBL: the debate continues. Is meta analysis helpful? Medical Education

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasan, Said Hamid. 2009. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UPI dan PT. Remaja Rosdakarya.

Norman, G.R, Schdmidt H.G. Effectiveness of problem based learning curricula: theory, practice and paper darts. Medical Education

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukirman. 2013. “Evaluasi Kurikulum”. Diakses pada 6 mei 2018 melalui http://www.slideshare.net/sadirun/evaluasi-kurikulum-oleh-dr-sukiman-2013

Published
2021-10-22
How to Cite
Arofah, E. F. (2021). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218-229. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.236
Section
Articles