PERAN LINGUISTIK DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EMPAT KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI ERA MODERN

  • Hakim Syukri Alhamda Uinsuka Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: Teori Linguistik, Pembelajaran Bahasa Arab, Era Modern

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan analisis teori linguistik dalam pengembangan pembelajaran empat kemahiran Bahasa arab.  Dengan analisis ini berharap agar setiap orang yang mementingkan Bahasa arab dapat memahami konsep bahasa yang di gunakan sebagai alat komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan jenis penelitian perpustakaan atau Library Research yang memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitian. Dengan ini peneliti akan mengulas bahwa linguistik mempunyai peran besar dalam pengajaran bahasa. Jadi peran linguistik terhadap pembelajaran bahasa arab memiliki hubungan yang sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Proses pembelajaran bahasa menuntut pengetahuan tentang prinsip-prinsip masalah Bahasa, seorang guru bahasa tidak mungkin melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien, selama tidak mengetahui pengetahuan bahasa, terlebih lagi bahasa yang diajarkan bukan bahasa ibu, akan tetapi merupakan bahasa asing yaitu bahasa arab. Dengan penelitian ini diharapkan agar guru mampu mengajarkan keterampilan berbahasa kepada para pendidik sesuai dengan zaman sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip-Teknik-Prosedur, Cetakan Ke-3, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Chaer, Abdul. Agustina, Leooni. 2004 Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fuad, Zakki. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. EDU-KATA, Vol. 2, 11-20. http://journal.unisda.ac.id/index.php/EDU-KATA/article/download/62/51. (Diakses pada tanggal 25 November 2017)
Hamid Abdul, dkk. 2008. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Pendekatan Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press.
Izzan ahmad. 2004. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Kutha Ratna, Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Ilmu Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
N. Haaq, Ainul. Peran Linguistik Dalam Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab. OKARA, Vol, 2.122129.http//ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/okara/article/download/423/409. (Diakses pada tanggal 25 November 2017)
Parera, Jos, Daniel. 1997. Linguistik Edukasional Metode Pembelajaran Bahasa Analisis Kontrastif Antarbahasa Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Sukardi, M. 2009. Evaluasi Pendidikan (Prinsip & Operasionalnya). Jakarta Timur: BUMI AKSARA.
Tarigan, Henry Guntur . 1992. Pengajaran Analisis kontrastif Bahasa, Bandung: Angkasa.
Published
2022-04-23
How to Cite
Alhamda, H. S. (2022). PERAN LINGUISTIK DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN EMPAT KEMAHIRAN BAHASA ARAB DI ERA MODERN. Jurnal Tawadhu, 6(1), 36-46. https://doi.org/10.52802/twd.v6i1.250
Section
Articles