PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PEMBELAJARAN IPA (SAINS) UNTUK MATA KULIAH PILIHAN di PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS TARBIYAH, INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG) CILACAP 2016

  • Wida Nurul ‘Azizah Institut Agama Islam Imam Ghozali
Keywords: Modul, Praktikum, Pembelajaran IPA

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah bertujuan untuk (1) menghasilkan produk modul praktikum pembelajaran IPA (SAINS) yang layak untuk digunakan berdasarkan kelayakn isi, penyajian, bahasa dan layout sesuai dengan standar buku yang baik. (2) dapat menjadi inspirasi dan bahan belajar sendiri dalam proses pembelajaran setelah menjadi sarjana. Penelitian pengembangan Modul Praktikum Pembelajaran IPA (SAINS) menggunakan 5 tahapanyaitu;tahap pengamatan pendahuluan(observasi awal), tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap uji coba awal, dan tahap terakhir adalah tahap revisi produk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersusunnya Modul Praktikum Pembelajaran IPA (SAINS) dengan tingkat kelayakan berdasarkan penilaian oleh para ahli materi/isi diperoleh persentase sebesar 79.5 % termasuk kategori layak, penilaian ahli penyajian diperoleh persentase sebesar 78 % termasuk kategori layak, penilaian ahli bahasa dan layout dengan persentase sebesar 75.8 % termasuk kategori layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wida Nurul ‘Azizah, Institut Agama Islam Imam Ghozali

Dosen

References

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kimia. Bandung: ALFABETA
Amri S dan Ahmadi. (1997). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung
Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Published
2017-10-22
How to Cite
Nurul ‘Azizah, W. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PEMBELAJARAN IPA (SAINS) UNTUK MATA KULIAH PILIHAN di PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS TARBIYAH, INSTITUT AGAMA ISLAM IMAM GHOZALI (IAIIG) CILACAP 2016. Jurnal Tawadhu, 1(2), 219-224. https://doi.org/10.52802/twd.v1i2.269