STRATEGI AKTIVE LEARNING PEMBELAJARAN BILINGUAL RINTISAN KELAS INTERNASIONAL DI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

  • Ahmad Mushthofa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Aktif, Pemebalajaran Bilingual

Abstract

Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mendeskripsikan strategi active learning dalam pembelajaran bilingual rintisan kelas Internasional di MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam penelitian ini dipilih karena proses belajar mengajar penetapan strategi yang relevan sangat penting. Strategi pembelajaran yang tepat akan mendorong seorang mahasiswa untuk berpikir secara mandiri kreatif dan sekaligus beradaptasi dengan berbagai situasi yang telah dan  mungkin muncul.. Pendekatan yang digunakan penelitian studi literatur deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dengan dosen matakuliah serta dua mahasiswa field study manajemen pendidikan islam di kelas Internasional. Dari hasil penelitian tersebut dilakukan pengumpulan informasi, reduksi informasi, penyajian informasi serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pertama dosen menentukan proses jalannya pembelajaran model bilingual dengan menentukan penggunaan dua bahasa (Inggris-Indonesia) dan satu bahasa (Inggris Saja), kedua penentuan strategi active learning yaitu mengutamakan kesadaran dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa, pembelajaran dengan sikap dan perasaan mahasiswa, mendorong ketrampilan yang dimiliki mahasiswa. Ketiga  factor pendukung diantaranya adanya pertimbangan strategi pembelajaran aktif (aktive learning), pedoman yang jelas, motivasi memegang peranan penting dalam pembelajaran bilingual dan terakhir  tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. factor penghambat keteratasan waktu, mahasiswa belum siap menerima materi baru.dan hanya didominasi oleh mahasiswa yang cerdas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: ALFABETA,cv, 2017.

Published
2022-10-21
How to Cite
Mushthofa, A. (2022). STRATEGI AKTIVE LEARNING PEMBELAJARAN BILINGUAL RINTISAN KELAS INTERNASIONAL DI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Jurnal Tawadhu, 6(2), 183-194. https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.439
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)