ANALISIS KEBIJAKAN KEMENDIKBUD DALAM PENDIDIKAN MASA COVID-19
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan dari Kemendigbud mengenai pembelajaran dan keefektifan E-learning pada masa Covid-19 dengan mengkaitkan teori michael foucault dan teori ausubel dalam pendidikan di masa Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research (penelitian pustaka), dimana tekhnik kepustakaan yang dilakukan dengan yaitu dengan cara menelaah, membaca dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan. Kemudian disaring dan dituangkan dalam kerangka pemikiran secara teoritis. Penulis juga menggunakan analisis kuasa pengetahuan Michael Foucault dan belajar bermakna david ausubel terhadap kebijakan Kemendikbud dalam pendidikan masa covid-19. Hasil penelitian ini adalah jika di tinjau analisis dari teori michel foucault sangat jelas bahwa governmentality ini Negara yang berhak mengatur suatu tindakan atau perilaku masyarakat dengan menginternalisasikan suatu pendudukan agar menjadi populasi yang taat atau patuh sebagai bentuk rasionalisasi atas beroperasinya suatu kekuasaan. Sedangkan ditinjau dari teori David Ausubel ini proses mengkaitkan suatu informasi baru dalam konsep-konsep yang relevan dimana terdapat pada struktur kognitif seseorang. Struktur kognitif menyangkut konsep, fakta dan generalisasi yang telah diingat serta dipelajari oleh siswa dalam artian teori ini memberikan sebuah pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
Downloads
References
Dhea Cinthya Safira D, 2020 Ekonomi Politik Indonesia Ditengah Pandemi Covid-19, Banyumas: Cakradewa Ilmu, 2020.
Enjang Muhaemin d kk, Wacana Media Dalam Pemberitaan Covid-19.
Ferdy Kusno, “Krisis Politik Ekonomi Global Dampak Pandemi Covid-19”, Anterior Jurnal, No. 2 Th 2020.
Hadion Wijoyo, Partono Nyanasuryanadi, Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Di Smb Trisaranagamana Pekanbaru), Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat , No.2 TH 2020.
https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan-penyelenggaraan-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik-baru-di-masa-covid19.
I Putu Yoga Purandina, I Made Astra Winaya,” Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19”, Jurnal Jayapangus Press, No.3 TH 2020.
Kartini kartono, Pengantar Metodologi Research, ALUMNI, Bandung, 1998.
Muhdi1, Nurkolis, “Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi, No.1 TH 2021.
Ni Komang Suni Astini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Lampuhyang, No.2 TH 2020.
Nur Rahmah, “Belajar Bermakna Ausubel”, Jurnal Al-Khwarizmi, No.1 TH 2013.