MANAJEMEN KURIKULUM MADARISUD DINIYAH NAHDLATUT THULLAB PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

  • Abdul Gina Arrouf Muammarulloh Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Manajemen kurikulum, madrasah diniyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberjalanan manajemen kurikulum Madarisud Diniyah Nahdlatut Thullab Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Manajemen kurikulum Madarisud Diniyah Nahdlatut Thullab Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap secara umum sudah baik, hal ini bisa dibuktikan dengan bahwa didalam manajemen di madrasah tersebut terdapat perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Adi Mahasatya.

Asmani, J. M. (2013). Kiat Melahirkan Madrsah Unggulan. Yogyakarta: Diva Press.

Dawam, A., & Ta'arifudin, A. (2008). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Jakarta: Listafarika Putra.

Dinn Wahyudin, M. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Faisal, S. (2007). Format-format Penelitian Sosial. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamdi, M. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). Ayat-Ayat Al Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).

Huda, N. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum.

Manab, A. (2015). Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madsarah. Yogyakarta: Kalimedia.

Naim, M. R., & Asma. (2019). Pengantar Manajemen. Jawa Timur: Penerbit Qiara Media.

Oktapiani, M. (2019). Perencanaan Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Indonesia.

Saha, M. I. (2008). Dinamika Madrasah Diniyah di Indonesia. Bogor: Pustaka Mutiara.

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka Jambi.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyanto, J. (2014). Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Surur, M., Muchson, A., & Widodo, I. (2019). Agenda Santri PP. Al Ihya 'Ulumaddin . Cilacap: Ihya Media.

Tarihoran, N., Rijal, M., Rosyad, R., & Paamzah, J. (2014). Pemberdayaan Madrasah Diniyah. Banten: Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Provinsi Banten.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Wijaya, C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Wijaya, C., & Rifa'i, M. (2016). Dasar-dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

YAPPI, M. (2018). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Media Nusantara.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Published
2022-10-22
How to Cite
Muammarulloh, A. G. A. (2022). MANAJEMEN KURIKULUM MADARISUD DINIYAH NAHDLATUT THULLAB PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Jurnal Tawadhu, 6(2), 127-137. https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.456
Section
Articles