PENDIDIKAN PRANATAL PERSPEKTIF UBES NUR ISLAM

  • Sarno Hanipudin STAI Sufyan Tsauri Majenang
  • Taqiyudin Subki STAI Sufyan Tsauri Majenang
Keywords: Pendidikan Pranatal, Ubes Nur Islam

Abstract

Pendidikan pranatal adalah suatu pendekatan yang penting dalam memberikan informasi, pengetahuan, dan keterampilan kepada calon orang tua untuk mempersiapkan kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi yang sehat. Dalam perspektif Ubes Nur Islam, pendidikan pranatal memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan generasi yang kuat secara fisik, mental, dan spiritual.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perspektif Ubes Nur Islam tentang pentingnya pendidikan pranatal dalam konteks pengembangan individu dan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ubes Nur Islam meyakini bahwa pendidikan pranatal memiliki dampak positif yang luas. Pendidikan pranatal membantu calon orang tua memahami perubahan fisik dan emosional yang terjadi selama kehamilan, serta memberikan pengetahuan tentang nutrisi yang tepat, perawatan pranatal, dan teknik relaksasi yang berguna selama persalinan. Selain itu, pendidikan pranatal juga bertujuan untuk membentuk kesadaran spiritual pada calon orang tua, sehingga mereka dapat merawat dan mengasuh anak dengan nilai-nilai agama yang benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhim, Mohammad Fauzil, 2015, Membuat Anak Gila Membaca,Yogyakarta: Pro- U Media.

Aisyah, Siti, Dkk, 2016, Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia dini,Tanggerang selatan: Universitas terbuka.

Aisyah, Siti, dkk. 2016 Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini,Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anita Yus, 2011, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi, 2000, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Artati Y. Budi , 2009, Terampil Membaca, Klaten : PT Intan Pariwara.

Dalman, 2014, Keterampilan Membaca, Jakarta: Rajawali Pers.

Depdikbud, 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2005,Materi Pokok Pembinaan Minat Baca, Jakarta: Universitas Terbuka Pess.

Hanipudin, Sarno. Nur Alfiati. 2021. Konsepsi Dan Praktik Pendidikan Pranatal Dalam Islam Pada Qalam: Jurnal Pendidikan Islam Vol 2, No 1

https://ejournal.stais.ac.id/index.php/qlm/article/view/52

Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal Of Islam And Muslim Society, 1(1), 39-53. doi:10.20884/1.matan.2019.1.1.2037

Hurlock, Elizabeth, 1994, Developmental Psyicology Fith edition Alih Bahasa, Dra.Isti widayanti dan Drs. Soedjarwo, Jakarta: Erlangga.

Idris, Meity H., dkk, 2015, Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini, Jakarta: PT Luxima Media.

Jahja,Yudrik 2011, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karim, Abdul., 2014, Mengembangkan Berpikir Kreatif melalui Membaca dengan Model Mind Map, Libraria,Vol1.2 No.1.

Khadijah, 2015, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.

Madyawati, Lilis. 2016, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta: Prenada Media Group.

Muktiono, Joko D., 2003, Aku Cinta Buku Menumbuhkan Minat Baca Anak, Jakarta: PT Alex Media Komputido.

Nana Sudjana, Ibrahim, 2004, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Nana Syaodih, Sukmadinata, 2007, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rahim, Farida, 2011, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock John W, 2008, Psikologi Pendidikan, Alih Bahasa: Diana Angelica, Jakarta: Salemba Humanika.

Slamet, 2003, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka.

Sugiyono, 2011, Metodologi Penelitian :Suatu Pendekatan Kuantitatif, Kualitaif dan R&D,Bandung : Alfabeta.

Surya, Mohamad, 2014, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasinya, Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur, 2008, Membaca Sebagai suatu Ketrampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

UU Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Widyastuti, Ana, 2017, Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis, Jakarta : Gramedia.

Zalyana, 2000, Psikologi Pembelajaran Bahasa Arab, Pekan Baru: Al-Mujtahadah Press.

Published
2023-04-30
How to Cite
Sarno Hanipudin, & Taqiyudin Subki. (2023). PENDIDIKAN PRANATAL PERSPEKTIF UBES NUR ISLAM. Jurnal Tawadhu, 7(1), 12-23. https://doi.org/10.52802/twd.v7i1.589
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)