TEORI BEHAVIORISME DALAM LINGKUNGAN BERBAHASA ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN AL-ISLAM

  • Sayyidaturrohimah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Langgeng Budianto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: teori behaviorisme, lingkungan berbahasa, asrama siswa, bahasa arab, pba, pendidikan

Abstract

Lingkungan berbahasa merupakan segala yang dapat didengar, dilihat, dan dirasakan oleh siswa berkaitan dengan bahasa target yang sedang dipelajari. Dalam teori behaviorisme, lingkungan menjadi salah satu aspek terpenting baik dalam pemerolehan maupun pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi teori behaviorisme dengan kegiatan kebahasaan yang dilakukan di lingkungan berbahasa asrama PP. Al-Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di asrama putri PP. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo pada tahun 2023. Dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Adapun dalam menganalisis data yang telah terkumpul, digunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan teori Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus yang diberikan dari beberapa kegiatan kebahasaan yang ada adalah tuntutan memahami ucapan menggunakan bahasa asing sesuai program one day one language, kewajiban menghafal setiap kosa kata baru yang diberikan, mampu membuat percakapan dan pidato sesuai tema, memahami pidato temannya dan film berbahasa asing yang ditonton untuk nantinya dituliskan ringkasan substansinya. Dari berbagai stimulus tersebut mereka diberikan penguatan berupa hukuman ketika tidak melakukan, maka mau tidak mau siswa akan melakukan respon baik untuk menyelesaikan setiap tanggung jawab yang diberikan. Tingkah laku tersebut akan terus dilakukan setiap harinya sehingga membentuk suatu kebiasaan yang baik dalam berbahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, H. M. M. (2020). TEORI BELAJAR BEHAVIORISME ALBERT BANDURA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Lisanuna, 10(1), 22–31.

Astuti, R., Akla, & Sarbani, A. (2020). Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah. Jurnal An-Nabighoh, 22(1), 17–36. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2075

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pebelajaran. Rineka Cipta.

Fatmawati, & Anjarsari, P. (2021). Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat SMP. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 1(2), 13–26.

Habibah, N. (2016). Lingkungan Artifisial dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Arabiyat, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/a.v3i2.4038

Mahmudi, M. (2015). Penerapan Teori Behavioristik dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran BF. Skinner). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II Malang, 429–435.

Muradi, A. (2018). Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-Quran. Jurnal Tarbiyah, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2245

Purba, A. (2013). Peranan Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Pena, 2(2).

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sholeh, A. (2017). Lingkungan Behavioristik dalam Berkomunikasi Bahasa Arab di STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017, 386–394.

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Rajawali Press.

Zalyana. (2010). Psikologi Pmbelajaran Bahasa Arab. Al-Mujtahadah Press.

ابن إبراهيم العصيلي, ع. ا. (2006). علم اللغة النفي. جامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية.

الهوارنة, م. ن. (2010). اكتساب اللغة عند الطفل. الهيئة العامة السورية للكتاب.

Published
2023-10-12
How to Cite
Sayyidaturrohimah, & Budianto, L. (2023). TEORI BEHAVIORISME DALAM LINGKUNGAN BERBAHASA ASRAMA PUTRI PONDOK PESANTREN AL-ISLAM. Jurnal Tawadhu, 7(2). https://doi.org/10.52802/twd.v7i2.590
Section
Articles