PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pendidikan Islam memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat Muslim. Pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membentuk individu Muslim yang berdaya dan masyarakat yang berkualitas. Pemikiran pendidikan Islam menjadi landasan dalam mengembangkan sistem pendidikan di negara Muslim. Salah satu tokoh yang berkontribusi besar memberikan pemikiran terhadap pendidikan Islam salah satunya adalah Mahmud Yunus. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membahas secara mendalam bagaimana konsep pemikiran pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Mahmud Yunus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana data diperoleh melalui buku-buku dan jurnal terkait dengan penelitian ini. Mahmud Yunus merupakan tokoh pembaharu dalam dunia pendidikan yang berasal dari Minangkabau. Pemikirannya mengenai pendidikan Islam berkaitan dengan tujuan pendidikan Islam adalah menyiapkan anak-anak didik agar pada waktu dewasa kelak mereka sanggup dan cakap melakukan pekerjaan dunia dan amalan akhirat, sehingga tercipta kebahagiaan bersama dunia akhirat. Selain itu juga membahas tentang kurikulum pendidikan Islam, metode pendidikan Islam dan kelembagaan pendidikan Islam. Meskipun pemikiran Mahmud Yunus terhadap pendidikan Islam digagas sudah cukup lama, namun pemikirannya menarik untuk dikaji kembali karena beberapa pemikirannya masih relevan dengan pendidikan era modern sekarang.
Downloads
References
Abdullah, M., Muflich, M. F., & Zumroti, L. (2019). Pendidikan Islam: Mengupas Aspek-Aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam. Aswaja Pressindo.
Abdulloh, M. (2020). PEMBAHARUAN PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MODERN. AL MURABBI, 5(2), 22–33. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2109
Abidin, A. Z., & Aziz, T. (2023). Khazanah Tafsir Nusantara. IRCiSoD.
Azizy, J., Syarifuddin, A., & Ubaidah, H. H. (2023). Genealogi Tafsir Mawḍū’ī Di Indonesia. Deepublish Digital.
Hamzah, S. H. (2014). Pemikiran Mahmud Yunus dalam Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Dinamika Ilmu, 123–147.https:/doi.org/10.21093/di.v14i1.18
Iskandar, E. (2017). MENGENAL SOSOK MAHMUD YUNUS DAN PEMIKIRANNYA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 29. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i1.3492
Kusrini, S., Ansori, M., & Yusuf, A. (2021). Jejak Pemikiran Pendidikan Ulama Nusantara. CV Asna Pustaka.
Mestika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Mohammad, H. (2006). Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Gema Insani Press.
Nata, A. (2005). Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.
Ramayulis, & Nizar, S. (2010). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Quantum Teaching.
Subhan, F. (2016). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 353. https://doi.org/10.15642/jpai.2013.1.2.353-373
Suharto, T. (2020). HISTORIOGRAFI IBNU KHADUN: Analisis Atas Tiga Karya Sejarah Pendidikan Islam. Kencana.
Yunus, M. (2008). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Mahmud Yunus Wadzurriyyah.
Zulfadhilah, Z., & Rahman, R. (2022). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Komparasi Mahmud Yunus dan Azyumardi Azra). AS-SABIQUN, 4(5), 1447–1466. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2274