PEMIKIRAN KH. HASIM MUZADI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

  • Mubaedah Al Fatah UNU Surakarta
Keywords: Pemikiran, KH. Hasim Muzadi, Pendidikan Islam, Kontemporer

Abstract

Pendidikan Islam adalah sebuah proses pembentukan individu berdasarkan ajaran Islam. Dalam pendidikan Islam kita melibatkan atau menjadikan unsur landasan pokoknya adalah al-qur’an dan al hadist. Segalah yang menyangkut dalam proses pembentukan keilmuan kedalam diri peserta didik atau mahasiswa harus berlandasan kepada al-qur’an dan hadist dimana ini sesuai dengan indikator utama yang sudah ditetapkan yakni pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah disini adalah “content analysis / Analsis Isi. Adapun hasil atau kesimpulan dalam makalah ini adalah. (pertama) KH. Hasim Muzadi adalah seorang tokoh pendidikan islam yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa atau sederhana saja (bukan dari keluarga orang besar). Bearangkat dari kegigihan dan semangatnya yang tinggi dalam pengembangan pendidikan islam beliau berhasil mendirikan lembaga pendidikan islam yang saat ini sudah bisa dinimati oleh masyarakat luas. Mulai dari masyarakat setempat samapi dengan masyarakat dari lura daerah, kota dan sampai kepolosok pejuru. (Kedua) Pemikiran pendidikan islam yang dimiliki beliau sudah menjadi referensi banyak kalangan untuk menjadi landasan/pedoman dalam mengembangun dunia pendidikan islam, mulai dari karya ilmiah (paper) sampai dengan lembaga pendidikan (Sekolah/perguruan tinggi). (Ketiga) Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang berfikir bagaimana menjalani kehidupan dunia ini dalam rangka mempertahankan hidup dan penghidupan manusia yang mengemban tugas dari Sang Kholiq untuk beribadah. Dimana Pendidikan Islam Kontemporer yang kita ketahui “kegiatan yang dilaksanakan secara terencana dan sistematis untuk mengembangkan potensi anak didik berdasarkan pada kaidah-kaidah agama Islam pada masa sekarang”, disini KH. Hasim Muzdi menyiapkan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan pada saat ini. Adapun yang sudah disiapakan sesaui dengan perkembangan yang sudah berlaku atau diterapkan. Era 5.0 yang semuanya serba teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ilmu Pendidikan Islam, Makasar, Alauddin University Press, 2018

Aboebakar Atjeh, Sejarah Hidup K.H A. Wahid Hasyim, Jombang Jawa Timur : Pustaka Tebuireng 2015

Darajat. Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam Bandung : Bumi Aksara, 2008

Departemen Agama RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI 2006

Janwi, Kompetensi guru : Citra guru profesional, Cet, 1 Bandung Alpabeta, 2012

M. Hasan. Ahmad, Biografi A. Hasyim Muzadi, Depok, Keira Publishing, 2018

Nata. Abudin, Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2005

Permana. Dian, Pemikirian Pendidikan Islam Menurut KH. Abdul Wahid Hasyim dan relevansinya terhadap pendidikan islam ontemporer, Makalah, unu-surakarta, solo, 2023.

Profil Pondok pesantern al hikam ……..https://alhikam.ac.id/.

Rahmah. Siti Nur “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut KH Abdul Wahid Hasyim” skripsi (Lampung) : Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Raden Intan Lampung 2019

Shofiyullah, Revitalisasi Humanisme Religius dan Kebangsaan KH. Abdul Wahid Hasyim, Jombang : Pesantren Tebuireng, 2011.

Tim Buku Tempo, Seri Tempo : Wahid Hasyim Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia, 2016,

Zaini. Ahmad, K.H. Abdul Wahid Hasyim Pembaharu Pendidikan Islam dan Pejuang Kemerdekaan, Jakarta : Yayasan K.H.A. Wahid Hasyim dan Forum Indonesia Satu (FIS), 2003,

Published
2024-04-22
How to Cite
Mubaedah Al Fatah. (2024). PEMIKIRAN KH. HASIM MUZADI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Jurnal Tawadhu, 8(1), 96-105. https://doi.org/10.52802/twd.v8i1.977
Section
Articles