MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERASRAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum madrasah berasrama di MTs Ma’arif NU 1 Kebasen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, koordinator asrama, pengasuh, dan siswa/santri. Objek penelitian ini adalah semua kegiatan yang terkait dengan manajemen kurikulum madrasah berasrama. Data kemudian dicek keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) perencanaan kurikulum dilakukan melalui tahapan penyusunan draf yang disusun oleh Tim Pengembang Kurikulum dan kemudian dikembangkan oleh Tim Pengembang Madrasah. Dokumen kurikulum disusun berdasarkan kepada visi misi madrasah, tuntutan zaman, kebutuhan masyarakat, dan karakteristik siswa; 2) pelaksanaan kurikulum dilakukan melalui rekrutmen siswa, pelaksanaan kegiatan harian, mingguan, dan bulanan; 3) evaluasi kurikulum dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif pencapaian tujuan kurikulum. Hal penting dalam evaluasi kurikulum terkait dengan raw input siswa yang bervariasi. Hasil dari evaluasi kurikulum dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan program pada tahun berikutnya.
Downloads
References
Daree, M., & Fakhr, M. (2016). Comparison of social skills between students in ordinary and talented schools. Selection & Peer-review under responsibility of the Conference Organization Committee (hal. 7). European: ICEEPSY.
Faisal. (2014). Pedoman Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD/MI. Jakarta: Kemendikbud.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 87.
Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Indonesia.
Kawuryan, S. P. (t.t). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. PPSD UNY, 2.
Kemendikbud. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2021, 11 02). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil kembali dari KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belajar
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. PSGA LP2M IAIN Jember, 124.
Piaget, J. (1976). Piaget's Theory. Piaget and His School, 11-23.
Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sutiah. (2003). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.
Umam, N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dan Life Skill. Pancar, 74.
Umam, N., & Budiyati, U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Karakter. Warna, 48.
Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1848.