PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK USIA DINI BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER

Main Article Content

Nasrul Umam

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu bidang-bidang perkembangan anak usia dini yang tidak dapat dielakkan. Manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari interaksi antar satu dengan lainnya menggunakan bahasa atau simbol-simbol tertentu. Di samping itu, penggunaan bahasa tidak terlepas dari nilai-nilai karakter yang terlepas dari budaya. Bahasa Arab tergolong bahasa unik dan kompleks dalam mempelajarinya. Pembelajaran bahasa Arab anak usia dini perlu diformulasikan sedemikian rupa agar tercapai sesuai tujuan yang diinginkan. Adanya perencanaan, langkah, dan sarana pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Perencanaan pembelajaran disajikan sedemikian rupa mengikuti pendekatan pembelajaran secara tematik.
Pengenalan kosakata bahasa Arab menjadi kemampuan awal yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan dalam kegiatan awal pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat menggunakan pendekatan permainan, metode bernyanyi, menggambar, bercerita, dan pola tanda. Adapun sarana, guru menggunakan alat peraga edukatif yang dapat menumbuhkan motivasi dan keingintahuan anak untuk mengenal beberapa kosakata berbahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasrul Umam. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ANAK USIA DINI BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER. Jurnal Warna, 4(1), 46-65. https://doi.org/10.52802/warna.v4i1.1065
Section
Articles

References

Agung, Leo, dan Sri Wahyuni, Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Yogyakarta: Ombak, 2013. Aziz, Furqonul, dkk., Pengajaran Bahasa Komunikatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010, diakses 30 Maret 2015
Fakhrurozi, Aziz, dkk., Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag, 2012. Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Hamdi, Abdul, dkk., Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, Malang: UIN Malang Press, 2008.
Herman, dkk., Bidang Pengembangan PAUD, Jakarta: Kemendikbud, 2017. Maarif, Syamsul, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007. Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Malik, Imam, Psikologi Umum (Sebuah Pengantar), Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat, 2005.
Padmonodewo, Pendidikan Anak Usia Prasekolah, Jakarta: Asdi Mahasatya, 1995.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD
Purwadaminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012.
Rusmadi, Herman, Sumber Belajar Penunjang PLPG, Kemendikbud Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan: 2017.
Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011.

Sunardi, dkk., PLPG: Perkembangan dan Karakteristik Anak Usia Dini, Jakarta: Kemendikbud, 2017.
Surat Dirjen Pendidikan Islam nomor 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Waly, Fadhil Fathy Muhammad, Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Marhalah al-Ibtidaiyyah,
Ha’il: Dar al-Andalus li an-Nasyr wa at-Tauzi’, 1998.