EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN KARIER

  • Eti Yuliana Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
  • Lumaurridlo Lumaurridlo Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
  • Linda Dwi Sholikhah Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap
Keywords: Media Interaktif, Perencanaan Karir, Bimbingan Karier

Abstract

Pada layanan bimbingan dan konseling diperlukannya perkembangan khususnya pada bimbingan karir, pemberian informasi yang up to date. Pentingnya perencanaan karir yang dilakukan oleh peserta didikĀ  Sekolah Menengah Pertama dalam penentuan pemilihan jenjang sekolah lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perencanaan karir peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan karir menggunakan media interaktif untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan jumlah populasi sebanyak 32 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket skala sikap. Metode analisis data menggunakan SPSS (Statistical Program For Social Science) 16.0 for window.

Hasil analisis data menunjukan bahwa taraf signfikansi adalah 0,505. Hal ini menunjukan arti bahwa probality lebih dari 0,5 yang menandakan bahwa nilai paired (0,505) lebih besar dari nilai sig (0,5), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Ketika Ho diterima tidak ada peningkatan yang signifikan, berarti pula bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan setelah penggunaan variabel x (media interaktif) untuk meningkatkan variabel y (perencanaan karirpeserta didik Sekolah Menengah Pertama). Sehingga dapat diartikan bahwa media interaktif belum mampu meningkatkan perencanaan karir peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eti Yuliana, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Mahasiswa

Lumaurridlo Lumaurridlo, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Dosen

Linda Dwi Sholikhah, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

Dosen

References

Arif S. Sadiman, R. A. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Manfaatnya. Jakarta: Pustekkom Dikbud PT RajaGrafindo Perasada.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, & Mohamad, F. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Falah, N. (2016). Peningkatan Layanan Bimbingan dan Konseling melalui Pelatihan Pembuatan Media Bimbingan Pada Konselor Sekolah di MAN Lab. UIN Yogyakarta. Jurnnal Hisbah, 66.

Fandini, Hario Shella; Purwoko Budi. (2018). Pengembangan Adobe Flash Sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut SMA dan Sederajat untuk Siswa kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 134.

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenamedia Group.

Hasan, I. (2012). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, T., & Endah Palupi, A. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Melalui Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Mesin Cnc Tu 2a Siswa Kelas Xi Tpm 3 Di Smk Negeri 3 Boyolangu. JPTM, 65.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2018). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia, 39.

Lumaurridlo. (2019). Evaluasi Pendidikan, Pendekatan dan Teknik Penilaiannya. Jawa Tengah: Ihya Media.

Musfirah, & Buhori, S. (2017). Perencanaan Karier Panduan Praktis untuk Siswa dan Konselor. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Nursalim, M. (2018). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Qusyariri, H. A. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan , 97-114.

Rahardjo, S., & Gudnanto. (2013). Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Kencana.

Rahma, U. (2010). Bimbingan Karier Siswa. Malang: UIN-Maliki Pres (anggota IKAPI).

Sholikhah, L. D., Baharudin, Y. H., & Fardah, N. N. (2020). Pengembangan Model Puzzle Interaktif Berbasis Literasi Digital Untuk Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa SMP. Wijayakusuma Prosiding Seminar Nasional, 193.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf, J. N. (2016). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel, & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Instutitusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yudiantoro, D. (2006). Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesial 8. Yogyakarta: Andi Offset.

Zamroni, E., DYP, S., & Imam, T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Keputusan Karir Pada Program Peminatan Siswa Smp. Jurnal Bimbingan Konseling, 130-136.

zaroh, s. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Terapan, 145-155.

Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir mennggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 146.

Published
2021-07-13
Section
Articles