Analisis Penerapan Sapta Tekad Mulia Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdi Kyai Ibrahim Surabaya

  • Tri qodariswati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Sapta Tekad Mulia

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk kepribadian seseorang sejak dini. Di Indonesia, pendidikan karakter telah menjadi perhatian utama dalam konteks pendidikan nasional. Melalui Kurikulum Merdeka, pemerintah Indonesia menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas metode, strategi serta dampak pelaksanaan program "Sapta Tekad Mulia" terhadap pengembangan kepribadian siswa SD Kyai Ibrahim Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologis, dan subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SDI Kyai Ibrahim telah terlaksana dengan baik melalui kurikulum merdeka dengan sapta tekad mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basicedu,5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Muslimin, I. (2023). 8.+Ikhwanul+Muslimin_23+hal+(108-130). 5(1), 108–130.
Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal
Rosminda, T., Rosminda, T., & Fadriati, F. (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Di Indonesia. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 192–202. https://e-journal.staima alhikam.ac.id/piwulang/article/view/1516
Sahroni, D. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam formal. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, 3(1), 1–31. https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/pentingnya-pendidikan-karakter-dalam-keluarga
Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi.
SIREGAR, H. (2021). Program Studi Pendidikan Agama Islam. Metodelogi Peniltian, 5(2), 129.
Ummah, R. (2020). Pembinaan pendidikan karakter religius melalui program Tahfidzul Qur’an: Multisitus di MI Zainul Anwar dan MI Tarbiyatul Islam Kraksaan Probolinggo. http://etheses.uin-malang.ac.id/22195/
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Published
2023-11-02
How to Cite
qodariswati, T. (2023). Analisis Penerapan Sapta Tekad Mulia Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdi Kyai Ibrahim Surabaya. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(2), 335-345. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i2.643