PEMBIASAAN CINTA AL-ALQURAN DAN HADIST PADA ANAK USIA DINI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA PADA RA DEWI MASYITHOH BOWONGSO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini tentang pembiasaan Al-Qur’an dan Hadist untuk membentuk karakter islami anak. Tujuan penelitian ini adalah bagaiamana membentuk karakter islam pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah Jenis penelitian kualitatif yaitu memaparkan semua fenomena yang terjadi selama dalam setting penelitian. Alasan menggunakan pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena yang terjadi, dan berusaha memamparkan data sebagaimana adanya tentang bagaimana program cinta AlQur’an untuk menumbuhkan karakter islami pada siswa RA Dewi Masyithoh Bowongso. Hasil Bagi siswa dapat memberikan motivasi serta dapat menumbuhkan cinta Al-quran yang akan mencerminkan kehidupan islamiProgram yang dilaksanakan sekolah RA Dewi Masyithoh Bowongso untuk menumbuhkan karakter siswa dengan cara mengutamakan bagi siswa untuk mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari setelah dihafal atau sudah dipelajari. Adapun contoh yang dilakukan adalah menghafal hadist dan dalil yang ada dalam Al-Qur’an seperti hadist larangan marah, hadist anjuran bersih dan indah, dan lain sebagainya. Program tersebut mampu mengolah pikir, hati, raga, sehingga dari aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif sehinga semua aspek tersebut berjalan selaras. Adapun hambatannya adalah Proses sudah bisa terlaksana akan tetapi masih belum maksimal, dikarenakan proses tersebut memiliki hambatan-hambatan yang dialami siswa. Hambatan mesti akan terjadi jika salah satu pihak tidak mendukung pelaksanaan tersebut.
Downloads
Article Details
References
Darmiyati Zuchdi. (2008). Humanisasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Doni Koesoema, A. (2007). Pendidikan karakter. Jakarta: Grasindo.
Dwija Atmaka. (1984). Perkembangan moral. Cet. Ke-2. Yogyakarta: Kanisius.
Ginanjar, A. (2002). Emotional spritual question. Jakarta: Arga
Huberman, A.M. & Miles, M.B. (1992). Analisis data kualitatif (Terjemahan Tjetjep, R.R.). Jakarta: UI press
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan anak jilid 2 (Terjemahan Tjandrasa, M.M.). Jakarta: Erlangga
Lickona T. (1992). Educating for character how aur schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books
Muhibbin Syah. (2007). Psikologi belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muhammad Ali,dkk, (2005). Psikologi remaja perkembangan peserta didik, Jakarta: Bumi aksara
Rohmat, M. (2004). Mengartikulasikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.
Slamet. (2008). Desentralisasi pendidikan di Indonesia, educational planning management specialist team leader of fackage 2 decentralized basic education project. ADB Loan No.1863-INO. Pengembangan pendidikan karakter siswa oleh sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tadkiratun Musfiroh. (2008). Character building. Yogyakarta: Tiara Wacana
Sri Wening. (2007). Pembentukan karakter remaja awal melalui pendidikan nilai yang terkandung dalam pendidikan konsumen: kajian evaluasi reflektif kurikulum SMP di Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2, 152.Yogyakarta: Pascasarjana UNY
Winkel. W.S.(1999). Psikologi pengajaran, Jakarta: Grasindo.