PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PELAKSANAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI RA AT-TAQWA JEPARA KULON
Main Article Content
Abstract
Penelitian di RA At-Taqwa Jepara Kulon mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk kesulitan dalam penyusunan modul ajar berdiferensiasi, keterbatasan referensi pembelajaran, kurangnya pengalaman guru dalam konsep pembelajaran merdeka, dan variasi karakter anak-anak. Kepala RA At-Taqwa menyoroti konsep Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Rohmatan lilAlamin (RA) sebagai hal baru yang memerlukan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan data dan verifikasi atau kesimpulan. Implementasi Kurikulum Merdeka di RA At-Taqwa Jepara Kulon melibatkan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi, pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan, dan evaluasi yang terintegrasi.
Downloads
Article Details
References
Herwina. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan . 175-182.
Janah, M. M. (2023). Kurikulum Merdeka : Persepepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
M, A. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 192-202.
McTighe, J. W. (2017). Pembelajaran dan Asesmen. In Seminar Pendidikan .
Muahammad, T. &. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD Dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Munaamah, M. M. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Din. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Nasrul Umam. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERASRAMA. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 11(1), 31-37. https://doi.org/10.52802/al-munqidz.v11i1.534
Purba, M. P. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction).