ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DOWN SYNDROM DI FLEXI SCHOOL BANDA ACEH

Main Article Content

Alifah Rizqi
Reisatul Ulya
Zulhulaifah
Hijriati

Abstract

Anak-anak dengan Down Syndrome seringkali mengalami tantangan dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana stimulasi sensori motorik yang tepat dan pendekatan individual dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dengan Down Syndrome dalam lingkungan pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dari anak-anak dengan Down Syndrome yang terdaftar di Flexi School Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa stimulasi sensori motorik seperti meremas, menggunting, dan menarik garis membantu meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar, integrasi sensoris, serta kesadaran diri dan tubuh anak-anak dengan Down Syndrome. Pendekatan individual dan kurikulum yang disesuaikan memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan unik setiap anak. Penanganan hambatan belajar memerlukan kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan profesional lainnya dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alifah Rizqi, Ulya, R., Zulhulaifah, & Hijriati. (2024). ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DOWN SYNDROM DI FLEXI SCHOOL BANDA ACEH. Jurnal Warna, 8(1), 43-56. https://doi.org/10.52802/warna.v8i1.1045
Section
Articles

References

Ayuningrum, D., & Afif, N. (2020). Interaksi Sosial Anak Down Syndrome di TK Nusa Indah Jakarta. Q (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 141–162.
Jain, P. D., Nayak, A., Karnad, S. D., & Doctor, K. N. (2022). Gross motor dysfunction and balance impairments in children and adolescents with Down syndrome: a systematic review. Clinical and Experimental Pediatrics, 65(3), 142–149. https://doi.org/10.3345/cep.2021.00479
Jwinarti, P. M., Upara, S., & Andriani, O. (2024). Kerja Sama Antara Orang Tua dan Sekolah dalam Mendukung Anak Berkebutuhan Khusus ke Sekolah. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 39–46.
Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2016). Buku ajar psikologi anak berkebutuhan khusus. UNDIP Press.
Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.29
Oktafiani, G., & Lanjari, R. (2022). Perkembangan Motorik Anak Down Syndrome Melalui Pembelajaran Seni di SLB Pelita Ilmu Semarang. Jurnal Seni Tari, 11(1), 36–44.
Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 237–242.
Priwanti, T. R., Puspitawati, I., & Fuad, A. (2019). Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Orang Tua dengan Anak Down Syndrome. Jurnal Psikologi, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1918
Rizka Amalia. (2019). Implementasi Pendidikan terhadap Pola Kebiasaan Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Kehidupan Septi Anak diduga Down Syndrome di Dusun Jetis Desa Mororejo Kec. Tempel Sleman Yogyakarta). Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(4), 19–26. https://doi.org/10.14421/jga.2019.44-03
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suhartanti, I., Rufaida, Z., Setyowati, W., & Ariyanti, F. W. (2019). Stimulasi kemampuan motorik halus anak pra sekolah. STIKes Majapahit.
Umam, N., & Retnaningrum, W. (2023). ????? ????? ????? ??????? ???????? ?? ??????? ???? ??????? ?????????? ?? ?????????????. FONDATIA, 7(4), 877-890. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i4.4121
Wadu, N. M. K., & Media, H. S. (2021). Pengaruh Terapi Musik untuk Mengurangi Kecemasan Anak: Systematic Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 4(2), 38–46. https://doi.org/10.32584/jika.v4i2.1147
Wasliman, E. D. (2023). Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar melalui Manajemen Kelas dan Kompetensi Komunikasi Guru yang Humanis. Khazanah Pendidikan, 17(2), 33. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18552
Zega, B. K., & Suprihati. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Veritas Lux Mea: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17–24.
Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & prilianto, A. (2020). nalisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71.